Aangsunu's Blog

Bisnis Air Tebu Segarkan Kantong

Posted by aangsunu on 12 July 2010

MESKI di Jakarta tidak punya lahan penghasil tebu bukanlah halangan untuk berbisnis minuman air tebu di Jakarta dan sekitarnya. Ada beberapa pengusaha yang siap untuk membantu Anda menjadi pengusaha air tebu dengan jaminan pasokan tanaman tebu yang selalu tersedia.
Bahkan untuk modal menjalankan usaha ini hanya mengeluarkan modal di bawah Rp 40 juta. Juga memperoleh pelatihan untuk karyawan yang bekerja sebagai operator bisnis minuman air tebu itu. Perolehan balik modal atau return on investment (ROI) juga cepat hanya dalam hitungan bulan saja.
Untuk menjalankan usaha ini juga ditawarkan banyak pilihan. Mulai dari hanya membeli tebu saja hingga siap beroperasi. Termasuk tenaga kerja atau karyawan juga bisa dicarikan.  Jika karyawan atau operator dipilih sendiri oleh investor juga akan mendapatkan pelatihan atau training sebelum berjualan.
Widin dari Jago Tebu menawarkan berbagai pilihan bagi yang ingin berbisnis minuman air tebu. Dia menawarkan tiga pilihan untuk menjalankan usaha minuman air tebu. Widin bisa memasok tebu bagi yang hanya membutuhkan tebu. Tebu yang disiapkan olehnya berasal dari Malang, Jawa Timur. Mengenai pasokan calon pembeli tidak perlu kuatir karena mendapatkan pasokan yang cukup banyak setiap bulannya.
“Kami tawarkan bagi yang ingin membeli tebu saja. Harganya adalah Rp 23.000/12 kg. Tebu itu langsung dari Malang. Untuk menjaga kualitas air tebu disarankan jangan terlalu lama menyimpan tebu dalam waktu yang lama. Paling lama tebu disimpan selama 10 hari. Atau kurang dari 10 hari. Lebih dari itu kualitasnya akan berkurang,” ujar Widin.
Selain tebu, Jago Tebu juga menawarkan paket penjualan mesin pres tebu. Widin mengatakan ada dua jenis mesin pres tebu yang ditawarkan. Mesin yang ditawarkan itu berbentuk kotak dengan ukuran 45 cm x 45 cm x 49 cm yang dijual dengan harga Rp 9,5 juta dan mesin dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 55 cm yang dijual dengan harga Rp 12 juta.
Bagi yang ingin langsung berjualan Jago Tebu juga menawarkan paket jadi. Paket jadi itu ditawarkan dengan harga Rp 15 juta. Widin mengatakan, paket jadi itu ditawarkan bagi calon investor yang ingin langsung berjualan. Paket jadi itu terdiri mesin pres tebu, meja konter berikut neon box, perlengkapan seperti termos es besar dan kecil, gelas ukur, saringan, corong, ember, pisau, kain lap, dan tatakan. Mengenai merek dagang diserahkan langsung ke investor.
“Mengenai merek dagang diserahkan langsung ke investor. Karena ini 100 persen milik investor. Sebelum berjualan operator atau karyawan akan mendapatkan pelatihan untuk pengoperasian mesin dan perawatan mesin. Jadi paket ini langsung milik investor tidak ada fee lagi,” ujar Widin.
Mengenai harga jual berada di antara harga Rp 4.000 – Rp 6.000/gelas. Harga jual itu tergantung dari lokasi dan keramaian tempat berjualan. Dari harga jual itu paling tidak mendapatkan keuntungan bersih hingga 30 persen. Dengan asumsi penjualan sebanyak 30 gelas/hari, investor bisa balik modal maksimal selama 6 bulan.
Lapangan kerja baru
Bisnis minuman air tebu juga ditawarkan oleh HR Doddy Sularso Bangun SH yang mempunyai merek “Sari Tebu Murni – Rajanya Tebu” yang dikelola melalui CV Raja Tebu.  Doddy mengatakan merek dagang itu merupakan merek yang sudah terdaftar dan dipatenkan.
Doddy melalui usahanya menawarkan mitra untuk berbisnis air tebu di Jakarta dan luar Jakarta. Dia mengatakan, mitra yang ditawarkan itu bukan sekedar mitra bisnis semata saja, tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru.
“Dengan menjalankan usaha ini juga membuka lapangan kerja baru. Karena yang menjalankan usaha ini dilapangan adalah para karyawan. Untuk karyawan ini juga dipersiapkan oleh kami. Mereka akan kami training dan siap untuk menjalankan usaha ini. Mereka pun juga mendapatkan gaji ditambah bonus dari penjualan,” ujar Doddy.
Selain itu dalam bermitra CV Raja Tebu sangat mementingkan para mitranya. Doddy mengatakan, para mitranya akan selalu mendapatkan support seperti bahan baku. Karena usaha ini menggunakan tebu, pihaknya selalu menjamin ketersedian tebu bagi para mitranya. Tebu itu diperoleh dari lahan milik perusahaan sendiri yang berada di Jambi.
“Jadi mitra harus mengambil tebu dari kami. Tidak bisa dari tempat lain. Makanya kami berkomitmen untuk selalu siap dengan stok tebu. Tebu kami dari Jambi dan berbeda dengan tebu di Pulau Jawa. Tebu asal Jambi mempunyai kandungan air yang lebih banyak sehingga sangat cocok untuk usaha ini,” ujar Doddy yang sudah mempunyai ratusan mitra di yang tersebar antara lain Jabodetabek, Yogyakarta, Palembang, Batam, dan Surabaya.
Bahkan masalah lokasi juga para mitra ini tidak perlu repot karena lokasi penjualan dipilih oleh CV Raja Tebu. Tentu lokasi yang dipilih yang mempunyai prospek dengan penjualan yang ramai. Bagaimanapun lokasi sangat menentukan untuk perjalanan usaha tersebut.
Untuk mitra mempunyai beberapa pilihan gerai. Gerai yang ditawarkan berupa gerai standar dengan investasi awal sebesar Rp 17,5 juta, gerai mal (Rp 21,5 juta), dan gerai sepeda motor (Rp 35 juta). Untuk gerai motor investasi itu termasuk sepeda motor yang sudah siap pakai. (ang)

Contoh
Gerai Manual
Asumsi pendapatan perbulan dengan omset 60 gelas/hari
Investasi awal gerai                                                                                               Rp 17.500.000
Gaji karyawan :
Uang makan 30 x Rp 15.000                                       Rp 450.000
Gaji(mingguan) 4 x Rp 100.000                                Rp 400.000
Bonus 4 x Rp 40.000                                                      Rp 160.000
Kebutuhan :
Tebu 12 kg x Rp 7.000 untuk  30 hari                     Rp 2.520.000
Gelas/pack 48 x Rp 15.000                                         Rp     720.000
Sedotan 10 pak x Rp 12.000                                       Rp     120.000
Sarung tangan 2 x Rp 16.000                                     Rp       32.000
Plastik 10 pak x Rp 3.000                                            Rp        30.000
Lap 4 buah x Rp 5.000                                                  Rp        16.000
Es 30 x 5.000                                                                    Rp     150.000
Keamanan / lain-lain                                                     Rp    300.000
Total pengeluaran perbulan                                                                            Rp  4.898.000

Asumsi Pandapatan perbulan
Laku gelas/hari 80 x 30 hari X Rp 4000                           Rp 9.600.000
Keuntungan per bulan (pendapatan – pengeluaran)     Rp 4.702.000
Balik modal (ROI) 4 Bulan

Sumber : Riset Management ” Sari Tebu Murni”

About these ads

2 Responses to “Bisnis Air Tebu Segarkan Kantong”

  1. coba buat sendiri mungkin bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: