Aangsunu's Blog

Tidak Semua Barang Elektronika Dapat Digadai

Posted by aangsunu on 13 July 2010

SELAIN emas, tidak semua barang dapat digadaikan di Perum Pegadaian karena perusahaan milik negara itu akan melihat jenis dari barang yang akan digadaikan. Seperti televisi, telepon seluler, komputer, mobil, dan sepeda motor akan dilihat model dan tahun pembuatannya.
Manajer Komunikasi Perum Pegadaian Irianto yang ditemui kemarin mengatakan, ada beberapa pertimbangan tidak semua model barang elektronik bisa digadaikan. Perusahaan saat ini melihat perkembangan teknologi yang setiap beberapa bulan selalu mengalami perubahan.
“Karena itu akan diperhitungkan ketika barang yang digadaikan itu akan dilelang. Barang yang dianggap sudah tertinggal akan sulit untuk dilelang karena tidak tidak laku. Apalagi perkembangan teknologi saat ini terus berubah. Paling tidak setiap tiga bulan kami melakukan evaluasi terhadap perangkat elektronik yang bisa digadai oleh para nasabah kami,” ujar Irianto.
Irianto memberikan contoh bahwa saat ini tidak semua jenis televisi bisa digadaikan. Televisi yang bisa dijadikan jaminan oleh nasabah adalah televisi model flat. Alasannya, saat ini tren televisi yang dijual atau diproduksi didominasi televisi model layar datar atau flat.
Begitu juga untuk telepon seluler (ponsel). Saat ini rata-rata ponsel juga dilengkapi dengan kamera. Termasuk ponsel di kelompok ponsel yang murah. Untuk menjaminkan ponsel sebagai agunan ponsel itu harus mempunyai kamera. Pertimbangan adalah kemudahan ketika ponsel itu akan dilelang karena tidak ditebus oleh pemiliknya.
Irianto mengatakan, untuk alat kerja seperti komputer Pegadaian hanya dapat menerima jaminan dalam jenis laptop. Untuk komputer jenis dektop atau personal computer (PC) tidak bisa dijadikan sebagai barang jaminan.
“Saat ini laptop digunakan semua lapisan. Mulai dari karyawan hingga pelajar dan mahasiswa. Karena itulah maka komputer PC saat ini belum bisa digadaikan. Hanya laptop yang bisa kami terima,” ujar Irianto.
Untuk kendaraan, Perum Pegadaian tetap menerima kendaraan sebagai alat jaminan. Berupa mobil atau sepeda motor. Meskipun tidak semua kantor cabang Perum Pegadaian tidak terima gadai kendaraan karena terbatasnya lahan penyimpanan atau gudang penyimpan. Bahkan sepeda motor juga dilihat dari gudang penyimpannya. Kalau memang sudah tidak memadai, Pegadaian akan menolak nasabah yang akan menggadaikan sepeda motornya.
Selain itu, kata Irianto, selain terbatasnya ruang atau gudang penyimpanan, Perum Pegadaian juga membatasi tahun produksi kendaraan yang akan digadai. Paling tidak mobil yang dapat digadaikan minimal tahun produksinya adalah tahun 1999 dan sepeda motor adalah tahun 2004. (ang)

Jenis barang yang dapat digadai

Barang elektronik :
Televisi model layar datar atau flat
Laptop
Telepon seluler (ponsel) harus mempunyai kamera
Kendaraan :
Mobil maksimal produksi tahun 1999
Sepeda motor maksimal produksi tahun 2004

About these ads

51 Responses to “Tidak Semua Barang Elektronika Dapat Digadai”

  1. RAMALAN JODOH GRATIS
    JIMAT BIRAHI, JIMAT CINTA, JIMAT JUDI
    JIMAT HypNotis, Ramalan gratis, ada
    di http://www.dayaka.co.cc

  2. Arif said

    ya, cari kerja sulit, larinya ke pegadaian

  3. putri said

    apakah barang elektronik (home Theater) bisa digadaikan ?

  4. Kalo peralatan musik atau sound system apa bisa di gadaikan?

  5. saya mau gadaikan netbook saya,,, tapi pas ke pegadaian katanya gak nerima elektronik… yg nerima pegadaian netbook di mana ya?? di daerah malang??

  6. tempat pegadaian yg nerima netbook dmn ya>>

  7. shandy lesmana said

    note book acer dapat digadaikan tidak

  8. timothy said

    kalau kamera dslr tipe nikon D70 bisa digadai gak?B.U nih

  9. Nisa said

    Klo alat terapi bisa gak ya?? masih baru kok… :(

  10. mhaymhey said

    Kalo samsung galaxy tab bisa nda di gadai

  11. kalau jam tangan bisa di gadaikan nggak ya…

  12. dina anggraini said

    Hp N71 bisa gag di gadein?? Dan klo di pegadaian itu,maksimal berapa lamaa barang di tebus ?

  13. fadli said

    kalo dvd mobil bisa di gadaikan gga ????????

  14. Tommy Mulyana said

    yth. bagaimana kalau saya akan menggadaikan jam tangan merk seiko 5 sport Automatis tapi surat dan kwitnasi hilang bisa atau tidak.

  15. stefany said

    apakah neetbook keluaran thn 2009 dapat digadaikan?merk acer aspire one pro 531 kondisi bagus

  16. Tya Naztya said

    Kalau notebook merek samsung model NP-NC108 bisa di gadaikan ga ya ?

  17. anan_doank said

    Apakah blackberry tipe 9780 (onix2) dapet digadaikan?

  18. saya mau gadaykan bpkb sepeda motor sya bisa gk yaaaaaaa

  19. achy said

    kalo syarat2 buat gadai pa ja ya?

  20. Yatsumi Rizki Rukhiana said

    alamat pegadaian yang ada di banjarmasin dmna aja yha??

  21. wie said

    apa yg bisa digadai…..???

  22. dewi said

    Klu vidio shooting bs ga di gadaikan

  23. Tony said

    Kalau Ipad bisa digadaikan ?

  24. icha said

    kalau jam rolex bisa di gadaikan g yah?

  25. henci said

    bisakah nootbok sya merk toshiba dapat di gadai dan persyartannya apa-pa saja kah??

  26. titik said

    sy pingin beli notebook/tablet/ipad dr barang gadai, kira2 tgl lelangnya tiap bulan tgl berapa ya???
    mohon bantu share dong?ini telp kekantor pegadaian di ade irma malang g.diangkat terus…

  27. arien12 said

    klo sertifikat tanah bisa di gadai gak yah?

  28. reza said

    klo kamera digital sony cybershoot apa bisa di gadai

  29. siti rahmadhani said

    Kalau alat bantu dengar bermerk home shoping bisa digadaikan di sini pak? Nama productnya EAR ZOOM.

  30. Ahmed Noer said

    Hihihiii.. ini kok orang pada nanya jenis barang yg bisa digadaikan apa enggak di blog ini, ya?
    kan om aangsunu bukan orang pegadaian ya..? hihihiihii… :D

  31. Lisa said

    Pegadaian syariah bunganya gede ya, bisa 2,5%/bulan, udah sama dgn bunga gestun (gesek tunai kartu kredit) apanya yg syariah kalau begitu?

  32. Pak/ibu saya mau nanya..?
    Saya mau gadain hp jenis iphone 4s saya mau nanya berapa yang bisa saya pinjam kalau saya mengadaikan Iphone 4s

  33. Bobby z said

    Klo tablet axioo 7” bisa nggak ya punya sy masih keluaran baru 2013 akhir….kira2 berapa ya taksiran nya.

  34. dwi s said

    klo gadai BPKB motor 2011 bisa nggak kalau motornya dipakai kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: