Aangsunu's Blog

Perlengkapan Kantor Seken Menjadi Alternatif

Posted by aangsunu on 15 July 2010

MESKI kondisi perekonomian dianggap sudah mulai membaik, untuk mengganti perlengkapan kantor dengan yang baru harus diperhitungakan. Sebab, tidak tertutup kemungkinan harga perlengkapan kantor sudah naik. Salah satu cara untuk menyiasati dengan membeli perlengkapan kantor seken dengan kualitas tidak jauh dengan perlengkapan yang baru.
Untuk mencari perlengkapan perlengkapan kantor bisa mendatangi Jalan AM Sangaji, Petojo, Jakarta Pusat dan Jalan Sahardjo, Manggarai, Jakarta Selatan, seperti pantauan Warta Kota, Jumat (6/11). Di lokasi itu banyak pedagang yang khusus menjual peralatan kantor seken antara lain filling cabinet, lemari besi, brankas, meja kantor, serta beraneka model kursi.
Oleh para pedagang di tempat itu perlengkapan kantor seken itu diperbaiki terlebih dahulu sebelum dijual ke konsumen. Termasuk dilakukan pengecatan ulang sehingga layak untuk dipakai. Makanya, para pedagang selalu menjaga kebersihan dan kerapian barang yang dijual. Seluruh jenis pekerjaan perbaikan dilakukan di lokasi penjualan agar calon pembeli bisa melihat langsung proses perbaikan.
“Kami tidak sekadar menjual barang seken saja. Barang yang dijual, kualitasnya kami jamin bagus. Sehingga, konsumen tidak kecewa. Ini juga menyangkut rasa kepercayaan kepada konsumen. Konsumen tidak hanya pribadi tetapi juga kantoran atau perusahaan. Mereka puas, tentu akan kembali lagi,” ujar Udin di Jalan AM Sangaji.
Menurut Udin, perlengkapan kantor itu diperoleh lelang dari perusahaan yang akan pindah kantor atau akan mengganti perlengkapan kantor baru. Bahkan para pedagang juga mempunyai pelanggan dari perusahaan yang akan menjual perlengkapan seken tersebut. Meski memperoleh dari kantor tetap melihat perlengkapan kantor itu sebelum dibeli dan diperbaiki kembali.
“Kami tetap melihat kondisi dari perlengkapan kantor tersebut. Tidak asal ambil. Kalau rusak parah tidak akan diambil. Tetap kondisi dilihat dan bila cocok baru dibeli. Sampai disini diperbaiki lagi. Setelah itu dijual kembali,” ujar seorang pedagang yang menjual beraneka model filing cabinet.
Meski menjadi pilihan, kondisi perdagangan di AM Sangaji, menurut para pedagang, tidak dapat diukur. Artinya, tidak bisa diukur berapa perlengkapan yang dapat dijual dalam sehari. Yang pasti selama sepekan pasti perlengkapan kantor ada yang terjual. Selain itu, lokasi ini juga sudah cukup dikenal sehingga menjadi pilihan mencari perlengkapan kantor.
Misalnya filling cabinet empat pintu dijual Rp 750.000 sampai Rp 900.000. Sedangkan harga barunya sudah lebih dari Rp 1,5 juta. Filling cabinet 3 laci dibanderol antara Rp 650.000 sampai Rp 800.000, sedangkan meja besar dijual Rp 700.000
Sementara itu, Benny, penjual perlengkapan kantor di kawasan Manggarai, mengatakan, perlengkapan kantor seken masih banyak dicari karena harganya lebih murah hingga 50 persen. Karena harganya yang lebih murah itu, perlengkapan seken menjadi pilihan. Kalaupun ada kenaikan masih terjangkau. Sedangkan perlengkapan baru kalau harganya naik juga jadi lebih mahal.
“Perlengkapan kantor seken menjadi alternatif atau pilihan. Apalagi, pada perusahaan yang tidak terlalu besar. Ini sangat menjadi pilihan daripada membeli perlengkapan baru. Mengenai kualitas dijamin tidak kalah dengan produk yang baru. Kami tetap menjaga kualitas barang yang kami jual. Kami tidak sekedar menjual barang seken saja,” ujar Benny.
Menurut para pedagang, harga jual kursi bekas antara Rp 150.000 sampai Rp 300.000. Sedangkan harga kursi baru bisa lebih dari Rp 750.000. Bahkan masa pemakaian kursi seken, rata-rata belum sampai enam bulan. Melihat selisih harga itulah perlengkapan kantor seken menjadi pilihan bagi perusahaan skala kecil dan menengah. (ang)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: