Aangsunu's Blog

Perum Pegadaian Buka Hari Minggu

Posted by aangsunu on 16 July 2010

SAAT ini mencari dana pinjaman di Perum Pegadaian pada hari Minggu bisa dilakukan. Perum Pegadaian sejak dua tahun lalu telah membuka kantor cabang yang buka pada hari Minggu di pusat belanja di Jakarta.
Manajer Humas Perum Pegadaian Irianto, Selasa (5/1), mengatakan, Perum Pegadaian membuka layanan pada hari Minggu karena adanya permintaan dari nasabah. Banyak nasabah yang membutuhkan dana pinjaman tetapi hanya mempunyai waktu pada hari Minggu.
“Awalnya layanan ini dibuka di Denpasar. Sekarang ini sudah hampir semua kantor cabang di kota provinsi sudah melayani layanan pada hari Minggu. Termasuk di Jakarta. Layanan itu dibuka di pusat-pusat belanja sehingga jam operasionalnya mengikuti jam operasional pusat belanja atau mal,” kata Irianto.
Di Jakarta, kata Irianto, Perum Pegadaian membuka cabang itu antara lain di Mal Artha Gading, Tamini Square, Mal Ambasador. Dia mengatakan, omzet kantor cabang di mal itu cukup baik karena mempunyai peminat yang cukup banyak. Sedangkan untuk layanan di hari kerja, Perum Pegadaian buka selama enam hari kerja. Namun untuk hari Sabtu hanya buka hingga pukul 12.00.
Selain itu, Perum Pegadaian berencana untuk membuka kembali salah satu layanannya, yakni gadai efek. Direktur Utama Perum Pegadaian Chandra Purnama mengatakan, layanan gadai efek akan dibuka kembali setelah April 2008 layanan itu ditutup karena kinerja bursa efek di Indonesia sedang menurun. Padahal nilai jaminan melalui layanan gadai efek ini mencapai nilai Rp 500 miliar lebih.
“Kami sudah mengajukan surat ke Kementerian BUMN agar gadai efek ini bisa dibuka lagi. Begitu izin itu keluar, maka layanan itu langsung dibuka. Kami melihat bursa efek di Indonesia sudah mulai membaik dan juga banyak nasabah yang bertanya tentang layanan ini,” kata Chandra.
Sementara itu laba sebelum pajak yang diperoleh Perum Pegadaian hingga bulan November 2009 mencapai Rp 1,08 triliun, sedangkan target laba sebelum pajak di tahun 2009 sebesar Rp 1,26 triliun. Chandra mengatakan, omzet perusahaan hingga bulan November 2009 mencapai Rp 44,25 triliun dengan target yang harus diraih adalah Rp 48,73 triliun.
“Perusahaan yakin target itu dapat tercapai. Memang data yang disampaikan ini hingga bulan November 2009. Sedangkan data bulan Desember masih dikerjakan. Mengenai laba bersih belum dapat disampaikan karena harus diaudit terlebih dahulu. Namun dengan pencapaian itu laba bersih tahun 2009 meningkat dibandingkan tahun 2008,” kata Chandra.
Pada tahun 2010 ini Pegadaian menargetkan omzet sebesar Rp 75,85 triliun dengan target laba sebelum pajak sebesar Rp 1,45 triliun. Chandra mengatakan, untuk merealisaikan itu diharapkan diperoleh dari pembuka kantor cabang baru di tahun 2009. Hingga tahun 2009 jumlah cabang yang telah dibuka mencapai 3.266 atau bertambah sebanyak 1.100 cabang lebih. Di tahun 2010 jumlah cabang akan ditambah lagi sebanyak 1.500 cabang.
Direktur Keuangan Perum Pegadaian Budiyanto mengatakan, untuk mendukung pertambahan omzet itu perusahaan membutuhkan dana tambahan sebesar Rp 7 triliun. Dana sebesar itu diperoleh dari perbankan, obligasi, dan pasar uang. Dari penawaran obligasi diharapkan dana yang dapat diperoleh sebesar Rp 2 triliun.
Budiyanto mengatakan, dana dari perbankan sebesar Rp 4 triliun. Hingga saat ini ada empat bank yang mau bekerja sama dengan Perum Pegadaian, yakni Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BCA. Sementara dari pasar uang diharapkan memperoleh dana sebesar Rp 1 triliun. (ang)

Perum Pegadaian Buka Hari Minggu
1. Mal Artha Gading
2. Mal Ambasador
3. Tamini Square
4. Sarinah Thamrin
5. ITC Cempakamas
6. Pasar Seni Ancol

Sumber : Perum Pegadaian

About these ads

One Response to “Perum Pegadaian Buka Hari Minggu”

  1. WONGHOKY88 said

    Kalau hr libur gmana apa buka jg di mall

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: