Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Berburu Motor Baru dan Hadiah di PRJ

Posted by aangsunu on 28 June 2010

BANYAKNYA jumlah ruang pamer sepeda motor di Jakarta tentu memudahkan orang untuk membeli sepeda motor. Namun membutuhkan waktu karena harus mendatangi satu-persatu untuk melihat dan mendapatkan penjelasan dari sales ruang pamer itu. Belum lagi perusahaan ruang pamer itu mempunyai program yang berbeda-beda, seperti program diskon, hadiah, dan sebagainya.

Kemudahan itu bisa diperoleh dengan mendatangi satu tempat saja. Seperti di Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang sedang digelar hingga bulan Juli 2010. Di arena PRJ semua pemegang merek memajang dan menawarkan sepeda motor baru. Termasuk berbagai kemudahan, diskon, dan bonus lainnya. Honda, Suzuki, Yamaha, Bajaj, TVS, Minerva membuka stan ditempat itu. Di sisi lain, arena PRJ juga dimanfaatkan oleh produsen motor untuk mendongkrak penjualan.

Motor yang dipajang oleh pemegang merek itu adalah motor-motor baru yang baru saja dirilis ke publik. Honda menampilkan semua model, termasuk skutik terbarunya, Honda Scoopy. Minerva juga menampilkan seluruh modelnya termasuk varian terbarunya, Megelli 250 RE dan RV, dan Fischer MRX 650. Bahkan Fischer MRX 650 dirilis di arena itu pada pekan lalu. TVS juga menampilkan semua modelnya, diantaranya varian terbarunya TVS Neo X3i dan motor konsep TVS Qube 2.0. Suzuki juga tidak mau ketinggalan. Motor berlambang huruf S itu memajang andalan terbarunya, Suzuki Titan.

Motor yang dipajang itu tidak hanya sekedar pemanis di acara itu. Bagi yang berminat motor itu dapat dipesan di stan-stan tersebut. Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia Darmady Tjuatja mengatakan, menyambut peringatan 100 tahun berdirinya TVS Group untuk pembelian TVS Neo X3i akan dibandrol dengan harga khusus. Harga khusus itu merupakan harga on the road Jabodetabek. Motor baru dengan varian pelek racing dijual dengan harga RP 11,5 juta, dan pelek jari-jari dijual dengan harga Rp 9,990 juta.

“Konsumen bisa mendapatkan dengan membayar uang muka Rp 500.000, dan angsuran ringan mulai dari Rp 300.000. Untuk pembelian varian TVS apapun akan mendapatkan hadiah langsung TV. Sedangkan pembelian motor TVS di arena PRJ akan mendapatkan servis gratis motor selama tiga tahun,” kata Darmady.

Minerva juga memberikan hadiah laptop. Konsumen yang membeli motor Minerva di PRJ akan mendapatkan kupon hadiah, salah satu hadiahnya adalah laptop. Kupon itu diberikan kepada konsumen yang membeli motor Minerva dengan cara kredit melalui Adira, WOM Finance,dan Mashill Finance. Motor dengan logo garpu tala, Yamaha, juga menawarkan berbagai hadiah undian berupa helm, box motor, televisi, Ipod, telepon seluler, DVD player, dan sepeda motor. Undian itu akan diundi setiap dua pekan sekali. Bahkan bagi calon pemilik motor Yamaha yang membayar uang muka di atas Rp 2 juta akan mendapatkan undian tambahan berupa hadiah sepeda motor yang diundi satu pekan sekali.

Suzuki pun juga menawarkan berbagai hadiah agar menarik calon pembelinya. Suzuki menawarkan hadiah 10 unit sepeda motor Suzuki Titan. Hadiah undian itu diberikan kepada calon konsumen yang membeli semua model motor Suzuki selama di PRJ. Termasuk kemudahan dalam membayar uang muka. Cukup membayar uang muka sebesar Rp 500.000 sudah bisa memboyong Suzuki ke rumah.

Meningkat

Momen PRJ juga dimanfaatkan oleh produsen untuk meningkatkan penjualan. Rata-rata para produsen mampu menjual motor di PRJ selama sebulan hingga ribuan unit. Promosi, hadiah, dan kemudahan dalam membayar uang muka bisa mendongkrak penjualan di arena yang digelar setiap tahun. PT Minerva Motor Indonesia, pemegang merek Minerva, seperti dikatakan oleh Deputy Division Head Sales & Marketing Minerva Motor Indonesia Apong Arfiansyah,”Di PRJ Minerva diharapkan dapat terjual hingga 2.000 unit. Tahun lalu Minerva dapat terjual sebanyak 1.600 unit.”

Yamaha pun sama dengan Minerva berharap penjualan di PRJ meningkat dibandingkan tahun lalu. Yamaha berharap penjualannya dapat tembus hingga 4.000 unit, sedangkan pada tahun lalu dapat mencapai 3.000 unit. Keinginan itu diharapkan melalui penjualan dari semua model Yamaha yang dipajang di PRJ. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: