Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Kendaraan Juga Butuh Tampil Cantik

Posted by aangsunu on 28 June 2010

PERAWATAN kendaraan tidak hanya selalu berhubungan dengan mesin, kabel bodi, atau bagian kaki-kaki kendaraan. Urusan eksterior dan interior saat ini juga tidak luput dari perhatian. Tidak hanya sekedar mengganti atau merubah bagian eksterior atau interior. Tetapi mempertahankan warna cat bodi, kebeningan kaca, dan kebersihan bagian dalam mobil.
Warna cat dan kaca kendaraan juga bisa memunculkan jamur akibat cuaca. Seperti terkena hujan atau terjemur sinar matahari. Serta kotoran dari jalan raya, termasuk cairan aspal yang menempel di bagian bodi. Begitu juga bagian kaca, jika sisa-sisa air yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama menimbulkan jamur. Dampaknya bila jamur itu tidak dihilangkan dapat menggangu saat berkendara.
Untuk membersihkan semuanya itu bisa saja dikerjakan sendiri. Namun membutuhkan waktu yang lama dan butuh kesabaran dalam membersihkannnya. Maka muncullah layanan jasa perawatan kendaraan atau kerap disebut jasa salon mobil. Layanan itu mudah ditemui, dari tempat cuci mobil hingga ke pusat perbelanjaan. Sambil berbelanja, mobil dapat dibersihkan.
Harga yang ditawarkanpun beragam. Disesuaikan dengan ukuran kendaraan dan jasa layanan yang akan dipilih konsumen. Layanan jasa salon mobil itu ditawarkan dalam beberapa paket untuk memudahkan konsumen memilih. Dengan adanya tawaran paket itu harga yang ditawarkan menjadi beragam. Bahkan harga yang ditawarkan antara usaha salon mobil juga berbeda- beda.
Rentang harga yang ditawarkan mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 1,5 jutaan. Ada yang menawarkan paket untuk keseluruhan bodi, baik eksterior maupun interior. Termasuk membersihkan bagian mesin secara detail. Atau hanya mengerjakan bagian kaca saja. Atau cukup bagian cat saja. Bahkan pengerjaan itu ada menawarkan paket berlangganan dengan biaya perawatan ulang yang lebih murah saat datang untuk dipoles kembali.
Sumaryadi, karyawan Oto Care di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, mengatakan, permintaan akan salon mobil cukup lumayan dikala hujan tidak turun. Atau biasanya ketika musim hujan sudah mulai berkurang. Setelah musim hujan biasanya banyak kotoran yang tetap menempel yang tidak bisa hilang meskipun mobil sudah dicuci. Namun sebelum dilakukan pemolesan mobil dicuci terlebih dahulu.
“Untuk perawatan itu diserahkan kepada pemilik mobil. Mau lengkap atau hanya bagian tertentu saja. Atau bagian mesin. Untuk detail mesin tidak semua mobil bisa dikerjakan. Seperti mobil-mobil sekarang yang mesinnya tertutup kami tidak bersihkan karena kuatir mengganggu kerja mesin,” kata Sumaryadi.
Sumaryadi mengatakan, untuk poles kaca harga yang ditawarkan mulai dari 75.000. Seluruh bagian kaca akan dibersihkan untuk menghilangkan jamur yang menempel. Menurutnya, harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan jasa salon mobil yang ada di pusat belanja. Sedangkan untuk paket poles bodi harga yang ditawarkan mulai dari Rp 250.000. Harga itu tergantung dari jenis mobil yang akan dipoles. Untuk pengerjaan hanya bagian mesin mulai dari Rp 100.000. Harga poles mobil Honda Jazz akan berbeda dengan harga poles mobil jenis Kijang Innova.
Salah seorang supervisor salon mobil di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, mengatakan, harga jasa poles itu berbeda-beda karena tergantung dari jenis mobil. Rata-rata untuk poles seluruh bodi mulai dari Rp 350.000. Kalau ditambah dengan kaca biayanya mulai dari Rp 450.000. Dia mengatakan, pemolesan bodi ini dikerjakan oleh para pekerja yang sudah terlatih karena pekerjaan ini membutuhkan kecermatan dan detail.
“Jangan sampai cat mobil atau kaca mobil yang dikerjakan menjadi baret atau ada cacatnya. Bahan yang digunakan juga khusus sehingga tidak mengurangi ketebalan cat. Sebelum kami kerjakan seluruh bagian kendaraan dilihat. Kalau memang sudah ada cacat akan kami beritahu ke pemilik. Yang ada cacat itu tidak bisa hilang,” katanya.
Butuh waktu
Mengerjakan kendaran yang akan disalon itu membutuhkan waktu. Paling tidak membutuhkan waktu hingga dua jam. Maka tenaga untuk mengerjakan juga lebih dari dua orang. Hal itu disebabkan proses untuk pemolesan itu ada beberapa langkah yang harus dikerjakan. Selain membersihkan bodi dengan cara mencuci, bodi atau kaca dibersihkan lagi untuk menghilang jamur atau flek aspal yang menempel di bagian bodi.
“Untuk proses awal menghilang jamur atau flek aspal itu harus dilakukan secara teliti. Setelah semuanya itu hilang baru dapat dikerjakan pemolesan. Maka tidak mungkin dikerjakan dalam waktu kurang dari satu jam. Orang yang mengerjakan empat hingga lima orang. Kalau hanya mengerjakan kaca bisa dikerjakan oleh dua orang. Namun prosesnya sama, membersihkan jamur di kaca baru dilakukan pemolesan. Untuk kaca mungkin bisa lebih cepat,” kata Firman karyawan Car Care di kawasan Srengseng, Jakarta Barat.
Waktu pengerjaan yang lama itu jumlah kendaraan yang bisa dikerjakan juga terbatas. Mereka mengatakan, dengan waktu pengerjaan yang lama itu dalam satu hari hanya mampu mengerjakan mobil maksimal tiga hingga empat mobil. Lebih dari itu, mereka kuatir tidak bisa mengerjakan secara maksimal. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: