Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Mobil Digarap Saat Belanja

Posted by aangsunu on 28 June 2010

MENUNGGU adalah kegiatan yang membosankan. Termasuk saat mobil sedang diperbaiki atau sedang mendapatkan perawatan ringan, seperti dipoles. Poles bodi atau sering disebut salon mobil membutuhkan waktu pengerjaan yang tidak singkat. Paling tidak harus meluang waktu minimal dua jam.
Salah satu menyiasati adalah menyalon mobil di pusat belanja. Di area parkir pusat perbelanjaan, termasuk areal parkir hipermarket, ada jasa salon mobil. Hal itu juga salah satu upaya jasa ini untuk “menjemput” pelanggan di tempat keramaian. Menempati area untuk parkir sekitar dua atau empat mobil, lahan itu dipakai untuk membuka gerai atau stan salon mobil.
Para karyawan jasa layanan itu pun aktif mencari pelanggan. Satu persatu area parkir disambangi. Atau berdiri di dekat pengambilan tiket sambil memberikan brosur saat mobil akan masuk ke areal parkir. Ketika ada pemilik kendaraan yang berminat, mobil tinggal diarahkan ke areal salon mobil itu. Setelah mobil masuk, satu persatu bagian kendaraan dicek. Saat siap akan dikerjakan, pemilik tinggal melangkah kaki ke dalam gedung pusat belanja. Mobil pun dikerjakan.
Perjalanan waktu selama satu hingga dua jam tidak terasa karena ada aktivitas lain. Kegiatan belanja usai, mobil pun sudah selesai digarap. Meski berada di pusat keramaian tidak menjamin mendapatkan pekerjaan untuk memoles bodi. Dalam satu hari rata-rata bisa mengerjakan satu hingga dua mobil. Bahkan dalam satu hari pun bisa saja tidak mendapatkan order.
“Kelihatannya pasar mudah didapat saat berada di pusat keramaian. Di areal parkir pusat belanja paling tidak dalam satu hari ada 100 mobil yang masuk. Tetapi untuk mendapatkan order hingga 10 mobil dalam satu hari adalah hal yang sulit. Rata-rata order yang didapat satu hingga dua mobil saja. Bahkan tidak mendapatkan order sama sekali. Apalagi kalau musim penghujan, bakalan sepi,” kata Fahmi, karyawan jasa salon di pusat belanja di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: