Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Borquet Indonesia Ingin Serius Garap Pasar Motor

Posted by aangsunu on 29 June 2010

Produsen katalisator kendaraan, PT Broquet Indonesia, menargetkan penjualan katalisator ke para pengguna sepeda motor terus tumbuh. Apalagi peluang penggunaan katalisator di sepeda motor di Indonesia, bahkan di kawasan Jabodetabek, masih sangat besar. Diharapkan pertumbuhan pengguna itu dapat menyamai pemakaian pada tahun 2009.
Presiden Direktur PT Broquet Indonesia Setiadi Sungkono mengatakan, peluang untuk memasarkan alat ini di kawasan Jabodetabek masih sangat besar. Berdasarkan data yang ada jumlah sepeda motor yang ada di kawasan itu mencapai 6 juta unit sepeda motor. Sedangkan pemakaian pada tahun 2009 baru mencapai 30.000 unit katalisator.
“Apalagi kualitas dan oktan BBM di Indonesia masih dibawah BBM non subsidi. Sementara pengguna sepeda motor masih banyak menggunakan BBM jenis premium. Namun kami sebagai produsen tidak hanya sekedar menjual katalisator itu untuk kepentingan mesin. Tetapi penggunaan katalisator ini bisa membantu pengurangan emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Jumlah motor yang banyak itulah juga menghasilkan gas emisi buang yang banyak, dan kualitas emisi dari motor juga masih jelek,” kata Setiadi, Minggu (25/4).
PT Broquet Indonesia mengklaim dengan menggunakan katalisator itu bisa menurunkan emisi hingga 40 persen lebih. Setiadi mengatakan, hasil uji emisi itu sudah diuji cobakan di salah satu dealer resmi sepeda motor di Jakarta. Uji coba itu dilakukan dengan menggunakan dua model sepeda motor dengan kapasitas mesin 125 cc dan 160 cc.
Sebagai langkah mendukung kampanye lingkungan yang bersih dan menyambut Hari Bumi perusahaan itu juga memberikan katalisator gratis kepada klub sepeda motor di Jabodetabek. Setiadi mengatakan, pemberian gratis itu untuk memberikan bukti kepada para pengguna sepeda motor melalui klub motor yang ada di kawasan Jabodetabek. Meski demikian, Setiadi belum dapat menyebutkan target yang akan dicapai pada tahun ini.
“Meski kami sudah ada 10 tahun di Indonesia, pasar sepeda motor baru kami garap satu tahun terakhir ini. Maka pada tahun lalu baru mencapai 30.000 unit katalisator yang terpasang. Kami belum mau memasang target dulu, karena ingin menyampaikan pesan bahwa alat ini efektif dapat mengurangi emisi. Apalagi harganya cukup terjangkau, yakni Rp 100.000/unit,” kata Setiadi. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: