Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Kejar Penjualan Bajaj Luncurkan Varian Baru

Posted by aangsunu on 29 June 2010

Mengejar pertumbuhan pasar di Indonesia, pemegang merek sepeda motor Bajaj di Indonesia, PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) merilis varian baru, yakni Bajaj Pulsar 135, Rabu (14/4). Pemegang merek itu mengejar pertumbuhan penjualan hingga dua kali lipat dibandingkan tahun 2009.
General Manager Marketing & Customer PT Bajaj Indonesia Vaibhav Gupia mengatakan, pada tahun 2009 penjualan Bajaj mencapai 11.954 unit dengan jumlah produk sebanyak tiga model. Ketiga model itu adalah Bajaj Pulsar 180, Bajaj Pulsar 200, dan Bajaj XCD 125.
“Pada tahun ini penjualan ditargetkan dua kali lipat dibandingkan tahun 2009. Kami berharap pada tahun penjualan dapat mencapai 24.000 unit. Untuk itulah kami meluncurkan varian baru untuk memperlebar pangsa pasar kami,” kata Gupia.
Gupia mengatakan, Pulsa 135 ini diitekankan untuk memperkuat Bajaj di kelas sport  dengan membuat segmen baru, yaitu light sport. Dari hasil survey menggambarkan motor sport secara fisik cenderung berat dan tidak cocok untuk dikendarai sehari-hari. Terutama di jalan-jalan perkotaan yang padat.
Dari situlah Bajaj meluncurkan Pulsar dengan kapasitas mesin 135 cc. Meskipun selama ini Bajaj sudah mempunyai varian sport berupa Bajaj Pulsar 180 dan Bajaj Pulsar 200. Bahkan untuk segmen di bawah 150 cc Bajaj mempunyai varian Bajaj XCD 125.
Gupia mengatakan, produk baru ini tidak akan menggerus pasar yang sudah dimiliki oleh Bajaj melalui ketiga produk yang sudah beredar di pasaran. Masing-masing produk yang dimiliki oleh Bajaj itu sudah mempunyai pangsa pasar tersendiri. Termasuk tidak ada rencana Bajaj untuk menghentikan salah satu produknya yang sudah beredar itu.
“Masing-masing varian sudah mempunyai target tersendiri. Maka tidak ada rencan dari kami untuk menghentikan salah satu dari produk yang sudah kami luncurkan itu. Produk yang ada itu saling melengkapi untuk memenuhi keinginan konsumen,” kata Gupia.
Marketing Asisten Manager PT BAI Rizal Tandju mengatakan, target yang diinginkan oleh Bajaj adalah para komuter untuk menggunakan motor ini. Target para komuter dibuatlah motor dengan bobot hanya 122 kg sehingga tidak berat. Meski mengusung motor sport dengan bobot seberat itu cukup mudah dan lincah dikendarai saat melintas di jalan perkotaan.
Motor itu dijual dengan harga Rp 14,7 juta on the road Jakarta. Namun kehadiran motor ini untuk sampai ke konsumen baru bisa dilakukan pada bulan Juni. Presiden Direktur PT BAI KS Grihapathy mengatakan, kehadiran di konsumen hingga butuh waktu dua bulan karena BAI harus menyiapkan dulu semua komponen dan para mekanik untuk menangani Pulsar 135. Dia memprakirakan dengan harga di bawah  Rp 15 juta akan banyak menarik konsumen.
Selain itu PT BAI juga terus mempersiapkan pabriknya yang dipersiapkan di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Grihapathy mengatakan, sampai saat ini PT BAI terus melakukan pembicaran kepada vendor-vendor komponen untuk mendistribusikan komponen ke BAI. Dengan demikian tingkat kandungan lokal Bajaj di Indonesia akan terus bertambah. Namun Grihapathy tidak menjelaskan detail nilai investasi untuk pabrik di Cikarang itu. (ang)

Spesifikasi Pulsar 135
Kapasitas mesin     : 135 cc dengan pendingin udara SOHC memakai dua busi dengan teknologi digital twin spark ignition (DTS-i).
Katup                      : 4 silinder, 4 tak
Tenaga maksimum     : 135 HP pada putaran 9.000 RPM
Torsi maksimum     : 11,4 Nm pada putaran 7.500 RPM
Starter                    : kick starter dan elektrik starter
Baterai                   : 12 V 5 Ah
Suspensi              : depan garpu teleskopik dengan pelapis anti gesek
belakang NitroX
Rem                       : depan cakram diameter 240 mm
belakang tromol diameter 130 mm
Ban                         : depan tube tipe unidirectional 2,75 x 17 inci
belakang tube tipe unidirectional 100/90 x 17 inci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: