Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

Mencari Onderdil Di Toko Resmi

Posted by aangsunu on 29 June 2010

JUMLAH kendaraan yang tidak pernah berkurang membuat permintaan akan onderdil selalu ada. Hal itu juga membuat peredaran suku cadang asli tapi palsu selalu ada. Apalagi harga onderdil yang cenderung meningkat membuat harga murah terkadang menjadi pilihan. Di pedagang onderdil istilah onderdil pun juga beragam.
Samsuri, karyawan penjualan suku cadang Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, di Bursa Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat, mengatakan, suku cadang yang dijual dipedagang terdapat beberapa sebutan. Mulai dari suku cadang asli atau genuine part, onderdil kualitas I, II, imitasi, dan palsu.
“Kalau genuine part onderdil asli dari produsen, misalnya Toyota Genuine Part. Itu merupakan suku asli dari produsen. Sedangkan kualitas I atau II sering dikatakan KW I atau KW II yang merupakan suku cadang asli tetapi lapis kedua. Imitasi merupakan suku cadang tiruan tetapi tidak palsu. Bisa saja imitasi itu memakai merek lain. Sedangkan palsu, memakai merek seperti aslinya,” kata Samsuri.
Soal harga, kata Komarudin, penjual onderdil di Fatmawati, Jakarta Selatan, onderdil genuine part jelas lebih mahal dibandingkan dengan imitasi atau KW I dan KW II. Harga onderdil dari produsen itu sesuia dengan daftar harga yang dikeluarkan oleh produsen. Andaikan di bawah price list biasanya ada program promosi atau diskon. Terkadang pedagang juga memberikan diskon sendiri untuk mempertahankan pelanggan lama.
Samsuri mengatakan, untuk onderdil imitasi terkadang harganya bisa sama dengan yang orisinil. Apabila suku cadang imitasi itu berasal dari importir seperti dari Thailand atau Jepang. Itu bisa terjadi jika kurs rupiah terhadap dolar AS sedang lemah. Namun ketika sedang menguat harga imitasi bisa lebih murah dari yang asli. Tetapi masih di atas harga KW I.
Misalnya harga kampas rem depan Kijang Kapsul dibandrol Rp 330.000, untuk harga KW I bisa dijual dengan harga Rp 290.000. Sedangkan yang imitasi bisa dijual dengan harga Rp 300.000. Kalau palsu, kata Komarudin, bisa saja dijual dibawah harga Rp 250.000.
Mereka mengatakan, untuk jaminan mencari onderdil asli paling mudah mencari toko yang menjual onderdil genuine part. Meskipun membeli di toko-toko onderdil, pembeli onderdil akan mendapatkan jaminan atau garansi. Sama seperti membeli di bengkel resmi. Cuman yang membedakan tidak perlu antre membeli onderdil di toko onderdil dan banyak pilihan.
”Soal harga biasanya di toko onderdil masih bisa nego. Meskipun kami berpedoman pada harga eceran tertinggi (HET) dari produsen. Harga bisa nego biasanya hanya mengurangi margin kami sebagai pedagang. Apalagi bisnis onderdil saat ini semakin berat karena soal harga yang terus naik,” kata Samsuri.
Untuk onderdil palsu, kata mereka, sudah bisa terlihat sejak kali pertama ditawarkan ke konsumen. Misalnya harga saringan udara Toyota Soluna yang orisinal dijual Rp 100.000, saat ada yang menawarkan dengan harga Rp 55.000 bisa dipastikan onderdil itu palsu. Bahkan harga KW I saja sekitar Rp 75.000. (ang)

Tips membeli suku cadang
1. Perhatikan kemasan
Kemasan suku cadang asli mempunyai bentuk fisik warna dan tulisan yang jelas. Serta terdapat hologram khusus. Sedangkan kemasan onderdil palsu warna dan tulisan pada kemasan tidak terlalu cerah, dan tidak mempunyai hologram.
2. Harga
Harga onderdil asli banyak berpatokan pada daftar harga yang dikeluarkan oleh produsen. Meminta kepada penjual untuk menunjukkan daftar harga tersebut. Sedangkan harga onderdil palsu cenderung lebih murah hingga 50 persen dibandingkan harga onderdil asli.
3.Bahan Komponen yang digunakan
Usahakan membuka kemasan suku cadang sebelum membeli untuk melihat komponen tersebut. Material komponen asli biasanya mempunyai tekstur yang halus dibandingkan yang palsu.
4. Garansi
Suku cadang asli biasanya akan mendapatkan garansi dari produsen yang membuat meski membeli dari toko onderdil. Asalkan membeli di toko penjual onderdil orisinal atau genuie part. Toko penjual genuine part biasanya sudah mendapatkan tanda khusus dari produsen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: