Aangsunu's Blog

  • June 2010
    M T W T F S S
        Jul »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

STB Luncurkan Logo Baru

Posted by aangsunu on 29 June 2010

Singapore Tourism Board (STB) merubah logonya dari Uniquely Singapore menjadi Your Singapore. Perubahan logo itu diperkenalkan di Jakarta, Kamis (15/4). Perubahan logo itu dilakukan untuk memperkuat citra Singapura sebagai negara tujuan wisata.
Asisten Chief Executive Marketing Group STB Ken Low mengatakan, perubahan logo itu bercirikan keunikan yang ada di Singapura sebagai lingkungan perkotaan yang ideal. Logo baru itu tidak hanya menonjolkan keunikan semata saja, tetapi juga Singapura menjadi bagian dari para pengunjung atau wisatawan.
Ken mengatakan, logo Uniquely Singapore telah menjadi kampanye yang cukup sukses selama lima tahun terakhir. Dengan logo baru ini ditargetkan menjadi lembaran baru untuk meneruskan kesuksesan dari logo sebelumnya. Adanya logo baru ini STB yakin dapat merangkul dan mengikuti tren secara global dalam hal komunikasi pemasaran.
“Saat ini orang merencanakan dan merancang agenda perjalanan wisata mengalami perubahan. Sebelumnya orang merencanakan dan mengagendakan secara pasif, sekarang ini menjadi lebih aktif. Apalagi pengguna digital dan media jejaring sosial semakin tinggi,” kata Ken.
Ken mengatakan, penggunaan digital itu membuat para wisatawan berubah dalam mencari informasi mengenai perjalanan wisata. Para wisatawan banyak mengakses digital media dan situs jejaring sosial sehingga informasi yang dibutuhkan lebih banyak,” kata Ken.
STB pun, kata Ken, juga memanfaatkan peran media digital itu dengan mengembangkan web sitenya. Bersamaan dengan perubahan logo itu STB memberikan semua informasi mengenai Singapura melalui webnya http://www.yoursingapore.com. Adanya web itu diharapkan memudahkan para pelancong untuk merencanakan wisata ke Singapura. Web itu dibuat lebih user friendly dan memiliki sarana sharing antara pengunjung dengan warga lokal Singapura. Dari situlah diharapkan adanya interaksi antara pelancong dengan warga setempat.
Apalagi, kata Regional Director for ASEAN I & Oceania STB Chooi Yee Choong, penggunaan digital media dan situs jejaring sosial sudah sangat populer dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan adanya web ini calon pelancong dapat merasakan dalam mencari informasi lebih personal sesuai dengan logo baru STB, yakni Your Singapore.
Dalam web itu STB tidak sekedar memberikan informasi saja mengenai Singapura. Melalui situs itu calon pelancong dapat merencanakan rencana perjalanan wisata, seperti mengunjungi paket atraksi, festival, hingga informasi mengenai kuliner. Bahkan web ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas bahasa Indonesia.
Namun media tradisional, kata Ken, tetap digunakan untuk komunikasi pemasaran tetapi sifatnya lebih spesifik. Media komunikasi tetap digunakan karena dapat mengikat secara emosional dan mengarahkan pengunjung potensial lainnya. Ken mengatakan, pada tahun 2009 total jumlah wisatawan yang datang ke Singapura mencapai 9,7 juta orang dan wisatawan asal Indonesia termasuk jumlah yang cukup banyak. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: