Aangsunu's Blog

AHM Luncurkan Skutik Rp 32 Juta

Posted by aangsunu on 1 July 2010

Pemegang merek Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM), melengkapi varian skutik dengan merilis skutik premium, Honda PCX (personal comfort xaloon). Skutik dengan mesin 125 cc itu dibawa langsung dari Thailand dijual dengan harga Rp 32 juta on the road (OTR) Jakarta.
Executive Vice Presiden Direktur PT AHM Johannes Loman mengatakan, masuknya Honda PCX untuk melengkapi varian yang dimiliki oleh AHM. Termasuk Honda mempunyai pilihan sepeda motor untuk semua segmen. Untuk varian baru ini memang ditargetkan ke kelompok sosial menengah ke atas.
“Kami juga melihat ini juga peluang. Selama ini belum ada di Indonesia yang berani masuk pada kelompok premium khususnya skutik. Kami tawarkan untuk yang mencari skutik premium. Meski demikian, target untuk skutik premium ini tidak banyak. Kami hanya target 250 unit/bulan,” kata Johannes.
Skutik ini merupakan skutik pertama di Indonesia yang memakai teknologi sistem bahan bakar injeksi dengan kapasitas mesin 125 cc. Dengan teknologi itu konsumsi bahan bakar lebih hemat, ramah lingkungan, dan standar emisi gas buang Euro 3. Skutik ini juga dilengkapi sistem Sistem alarm anti maling dengan mendeteksi getaran dan gerakan untuk mengaktifkan sistem, dikendalikan oleh remote control.
Motor ini masih dikirim langsung dari Thailand sehingga pengiriman motor ke konsumen baru bisa dilakukan pada awal bulan Juli. Untuk warna ada tiga pilihan warna silverstone metallic, goldbullion metallic, dan black nighthawk.
Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan, AHM juga menyiapkan bengkel ekslusif sebagai layanan purna jual Honda PCX. AHM Menyiapkan 75 unit bengkel ekslusif di seluruh Indonesia. Bengkel itu juga dilengkapi oleh mekanik yang sudah dilatih khusus.
Masuknya skutik premium itu ingin memperkuat pangsa pasar di skutik. Senior General Manager Sales Division PT AHM Sigit Kumala mengatakan, berdasarkan data dari AISI total penjualan skutik seccara nasional pada bulan Mei mencapai 271.549 unit. Dari jumlah itu Honda dapat menjual hingga 136.205 unit. Angka penjualan itu meningkat hingga 124 persen dibandingkan bulan Mei 2009.
“Kontribusi terbesar masih diberikan oleh Honda Beat yang dapat menjual hingga 68.245 unit. Penjualan Honda Beat itu juga meningkat hingga 114 persen dibandingkan bulan Mei 2009. Sedangkan Honda Vario dapat terjual hingga 67.960 unit. Dan kami melihat penjualan skutik akan terus tumbuh dengan munculnya varian baru seperti Honda Scoopy dan Honda PCX,” kata Sigit.
Sigit mengatakan, penjualan yang terus meningkat itu AHM juga berupaya mempercepat pengiriman skutik ke pembeli. Hingga saat ini skutik masih inden hingga dua bulan, dan inden itu akan terus dipersingkat. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: