Aangsunu's Blog

Pangsa Pasar Kulkas Meningkat 15 Persen

Posted by aangsunu on 1 July 2010

Produsen elektronik asal Jepang Sanyo melalui PT Sanyo Indonesia menargetkan pangsa pasar kulkas di Indonesia pada tahun ini meningkat menjadi 15 persen. Peningkatan pangsa pasar itu diikuti dengan prakiraan peningkatan pasar kulkas secara nasional yang mencapai 2,5 juta unit.
Presiden Direktur PT Sanyo Indonesia Tetsuo Hirota mengatakan, pertumbuhan penjualan kulkas secara nasional sejak tahun 2008 mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Pada tahun 2008 penjualan industri kulkas mencapai 1,8 juta unit dan meningkat 11,3 persen atau 2 juta unit pada tahun 2009.
“Kami memprakirakan pertumbuhan penjualan kulkas pada tahun ini antara tujuh persen dan 10 persen. Atau pada tahun ini penjualan secara keseluruhan mencapai 2,5 juta unit,” kata Hirota di sela-sela peluncuran kulkas Sanyo Slim di Jakarta, Senin (24/5).
Hirota mengatalan, penjualan kulkas itu didominasi oleh penjualan kulkas dengan model satu pintu. Penjualan kulkas satu pintu mencapai 69 persen, dan kulkas model dua pintu mencapai 29,8 persen. Sisanya diisi oleh model kulkas lainnya yang pangsa pasarnya tidak mencapai dari 1,5 persen.
Sanyo Indonesia, kata Hirota, pada tahun ini menargetkan pangsa pasar kulkas di Indonesia juga meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada tahun ini pangsa pasar Sanyo diharapkan dapat tembus antara 13 persen dan 15 persen. Sementara pada tahun lalu pangsa pasar Sanyo mencapai 10,9 persen. Bahkan pada tahun 2012 pangsa pasar dapat tembus hingga 20 persen.
Sanyo Indonesia yakin dengan peningkatan pangsa pasar itu karena penjualan kulkas Sanyo menunjukkan tren meningkat. Pada tahun 2007 penjualan kulkas Sanyo mencapai 399.697 unit, dan meningkat menjadi 406.714 unit (2008) dan 477.114 unit (2009).
Hirota mengatakan, target penjualan itu terus ditingkatkan untuk mendekati pangsa pasar yang mencapai 20 persen. Pada tahun ini ditargetkan total penjualan kulkasnya bisa mencapai 550.000 unit dan pada tahun 2012 dapat menembus hingga 800.000 unit. Dari total itu tetap penjualan kulkas model satu pintu menjadi prioritas utama.
Model satu pintu, kata  Presiden Direktur PT Sanyo Sales Indonesia Tsukasa Narihira, merupakan pangsa pasar terbesar di Indonesia. Meskipun tren penjualan kulkas dua pintu juga memperlihatkan tren meningkat. Namun peningkatannya itu tidak sebanyak kulkas satu pintu.
Narihira mengatakan, Sanyo memprioritas penjualan kulkas model satu pintu melalui salah satu modelnya, Sanyo Slim Beauty Model. Permintaan terbesar dari konsumen di Indonesia adalah kulkas dengan kapasitas 128 liter hingga 178 liter. Untuk itu Sanyo meluncurkan kulkas dengan seri D 166 yang berkapasitas 128 liter yang dijual  dengan harga Rp 1,150 juta, dan seri D 216 dengan kapasitas 178 liter dibandrol dengan harga Rp 1,4 juta. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: