Aangsunu's Blog

Scoopy Lengkapi Varian Skutik Honda

Posted by aangsunu on 1 July 2010

Skutik Honda Scoopy yang dilansir oleh PT Astra Honda Motor (AHM), pemegang merek Honda di Indonesia, ditargetkan dapat terjual hingga 10.000 unit setiap bulannya. Skutik itu diluncurkan pada hari Kamis (20/5) di Jakarta, dan mulai bulan Juni skutik bergaya retro modern itu sudah muncul di dealer Honda.
Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan, kehadiran Scoopy di Indonesia akan melengkapi varian skutik milik Honda. Saat ini skutik milik Honda yang sudah ada dipasaran adalah Honda Vario dan Honda Beat. Maka target penjualan sebanyak 10.000 unit/bulan itu dapat tercapai.
Target penjualan sebanyak itu, kata Julius, juga sudah didukung dengan kapasitas produksi Honda di Indonesia yang sudah ditingkatkan. Sebelumnya kapasitas produksi untuk model matik adalah 95.000 unit/bulan, dan meningkat menjadi 160.000 unit/bulan.
“Kami yakin target itu dapat tercapai apalagi tren penjualan atau permintaan skutik di Indonesia terus tumbuh. Sebagai catatan pangsa pasar skutik di Indonesia pada tahun 2007 baru mencapai 18,4 persen. Pada tahun ini diprakirakan pangsa pasar skutik akan mencapai lebih dari 44 persen. Pertumbuhan yang cukup tinggi dalam kurun waktu tiga tahun,” kata General Manager of Marketing Planning & Analysis PT AHM Agustinus Indraputra.
Skutik yang juga sudah beredar di Thailand dan Jepang itu dibandrol dengan harga Rp 13,5 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Skutik itu ditawarkan dengan tiga warna, putih, ungu, dan merah muda. Namun Scoopy yang dipasarkan di Indonesia berbeda dengan Scoopy yang ditawarkan di Thailand. Sama-sama menggunakan mesin 110 cc untuk di Indonesia sistem pengaturan bahan bakarnya menggunakan karburator.
Julius mengatakan, untuk diluar Indonesia memang menggunakan sistem injeksi karena harus memenuhi standar emisi gas buang di atas Euro II. Selain itu jika memasarkan Scoopy dengan menggunakan sistem injeksi akan berpengaruh pada harga jual di Indonesia.
“Kalau kami pasarkan dengan sistem injeksi harga jual bisa berbeda. Harga yang ditawarkan bisa lebih mahal dibandingkan yang kami tawarkan saat ini. Selain itu dengan memakai karburator untuk di Indonesia sudah dapat memenuhi aturan emisi gas buang yang masih menerapkan Euro II,” kata Julius.
Julius mengatakan, harga skutik itu sudah berada di tengah-tengah antara Honda Vario dan Honda Beat yang menggunakan pelek jari-jari. Saat ini Honda Beat dijual dengan harga Rp 12,5 juta, dan Honda Vario dibandrol dengan harga Rp 14,850 juta. Bila menggunakan injeksi harga itu bisa melebihi dari harga Honda Vario.
“Namun bila nantinya memang ada permintaan untuk menggunakan sistem injeksi AHM akan menyiapkannya. Semuanya bisa kami siapkan jika ada permintaan,” kata Julius. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: