Aangsunu's Blog

KMI Luncurkan Delapan Varian Baru

Posted by aangsunu on 2 July 2010

Sebanyak delapan varian mobil baru akan diluncurkan oleh PT KIA Mobil Indonesia (KMI), ATPM Kia di Indonesia, sepanjang tahun 2010. Peluncuran varian baru itu bagian dari rencana KMI untuk meningkatkan penjualannya di tahun ini sebesar 5.642 unit.
Direktur Marketing PT KMI Hartanto Sukmono mengatakan, untuk mengejar pertumbuhan penjualan itu PT KMI mempunyai dua rencana penjualan. Pertama KMI meluncurkan mobil baru dengan model minor change atau face lift (perubahan tampilan) untuk varian yang sudah dijual di Indonesia. Rencana kedua adalah menawarkan varian baru ke konsumen Indonesia.
Pada tahun 2009, kata Hartanto, penjualan KIA di Indonesia mencapai 3.195 unit. Angka penjualan itu KIA memperoleh pangsa pasar sebesar 0,66 persen. Penjualan itu menurun dibandingkan tahun 2008 yang mencapai 3.877 unit dengan pangsa pasar mencapai 0,64 persen.
“Kalau dilihat angka penjualan menurun, tetapi pangsa pasar meningkat. Itu karena perbandingan antara penjualan KIA dan penjualan mobil nasional menjadi meningkat. Penjualan mobil secara nasional tahun 2009 mencapai 485.970 unit, sedangkan penjualan nasional di tahun 2008 mencapai 607.802 unit,” kata Hartanto.
Hartanto mengatakan, penjualan KIA di Indonesia didominasi oleh penjualan KIA Picanto. KIA Picanto yang diluncurkan sejak tahun 2004 itu sepanjang tahun 2009 dapat terjual sebanyak 1.785 unit. Penjualan sebanyak itu menjadikan KIA Picanto menjadi pemimpin pasar untuk kelompok city car. Picanto meriah pangsa pasar hingga 38,2 persen.
Begitu juga dengan KIA Travello dan KIA Pregio menjadi market leader (pemimpin  pasar) di kelompok mikro bus dengan pangsa pasar sebesar 38,68 persen. Sepanjang tahun 2009 KIA Travello terjual sebanyak 521 unit dan KIA Pregio sebanyak 323 unit.
Selain KIA Picanto, KMI juga melakukan perubahan tampilan untuk varian yang sudah dijual di Indonesia. Varian itu adalah KIA Travellio dengan menawarkan varian sasis yang lebih panjang dengan nama KIA Travello Long. Tampilan baru lainnya adalah KIA Rio untuk taksi, KIA Pregio, dan KIA Big Up.
Sedangkan untuk varian baru KMI meluncurkan empat varian baru, yakni KIA New Pride, KIA Rio, KIA Forte, dan KIA Soul. KIA New Pride, kata Hartanto, yang sempat dihentikan penjualannya, pada tahun ini akan kembali ditawarkan ke konsumen. Untuk penggemar sedan KIA menawarkan KIA Forte, sedangkan KIA Rio lebih difokuskan untuk kendaraan taksi.
“Semua varian baru itu akan kami launching di semester I/2010 dan semester II/2010. Termasuk KIA Soul. KIA Soul kami masih menunggu kesiapan dari KIA Korea Selatan untuk mengimpor dalam bentuk complete knock down (CKD/secara teurai). Selama KIA Korea Selatan baru sanggup mengekspor dalam bentuk secara utuh atau complete built up (CBU),” kata Hartanto. (ang)

Daftar harga :
New KIA Picanto transmisi manual (MT)                      Rp 115 juta
New KIA Picanto transmisi otomatis atau matik (AT)   Rp  131 juta

Fitur New KIA Picanto :
Radio dilengkapi dengan CD, MP3, port USB
Koneksi iPod
Tersedia enam warna : clear white, bright silver, titanium silver, blue diamond, scarlet red, dan galaxy black

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: