Aangsunu's Blog

Menimang-timang Tarif Murah Operator Seluler

Posted by aangsunu on 2 July 2010

LAYANAN voice (suara) dan SMS merupakan layanan dasar dan utama milik operator seluler. Dua layanan itulah yang dipakai oleh para operator untuk menarik konsumen dengan menawarkan tarif bicara dan mengirim pesan yang murah.
Bahkan tawaran tarif itu seolah menjadi perang antar operator. Operator berusaha menawarkan tarif semurah mungkin. Seperti tawaran tarif bicara Rp 0,1 dan dilawan lagi dengan tarif yang lebih rendah lagi, yakni Rp 0,01. Seiring perjalanan waktu tawaran tarif murah seolah berhenti karena operator mulai menawarkan paket layanan lainnya.
Namun penawaran tarif bicara dan mengirim pesan dengan harga murah masih diandalkan oleh para operator hingga bulan-bulan awal tahun 2010. Meskipun program tawaran bicara dan SMS murah itu mirip dengan program pada tahun-tahun sebelumnya. Tentu biaya bicara dan SMS murah serta gratis itu mempunyai syarat dan ketentuan berlaku.
Kali ini yang ditawarkan tidak dalam harga berdasarkan durasi waktu bicara, tetapi ditawarkan dalam paket waktu. Termasuk paket SMS. Tentu tawaran bicara dan SMS murah ini hanya berlaku untuk sesama pelanggan saja.
Seperti yang ditawarkan oleh Telkomsel melalui produknya Kartu As dan Simpati. Kartu As menawarkan layanan serba Rp 1.000 untuk paket bicara dan SMS. Bahkan Kartu As juga memberikan gratis SMS sebanyak 50 SMS setiap mengaktifkan kartu perdana Kartu As. Sedangkan Simpati menawarkan paket bicara Rp 2.000 untuk program talkmania.
GM Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, promo gratis itu sebelumnya telah dijalankan dan mendapatkan respon yang baik dari pengguna Kartu As. Respon dari konsumen itulah menjadikan program ini dilanjutkan dan berlaku secara nasional. Sebelumnya program itu hanya berlaku untuk daerah-daerah tertentu.
“Penawaran paket bicara seperti di Kartu As dan Simpati agar pelanggan dapat mengatur dan menghemat anggaran dalam berkomunikasi. Seperti program talkmania dari Simpati. Bicara berkali-kali cukup mengeluarkan biaya Rp 2.000 dengan akumulasi bicara selama 100 menit,” kata Nirwan.
Bagi Wakil Presiden Direktur PT Bakrie Telecom Tbk Erik Meijer tawaran tarif oleh operator belumlah memberikan tawaran tarif murah yang sesungguhnya. Termasuk tawaran tarif yang dikategorikan gratis. Meskipun tarif murah dan dikategorikan gratis itu berlaku untuk sesama pelanggan atau operator.
Untuk itu, PT Bakrie Telecom Tbk melalui produknya Esia, mencoba memberikan gratis bicara yang diklaim oleh Erik sebagai gratis yang sebenarnya. Dia mengatakan, jika operator memberikan tarif hingga Rp 0,001 pun tetap tidak gratis. Sedangkan Esia memberikan gratis kepada pelanggan Esia untuk berbicara ke sesama pengguna Esia. Pelanggan cukup mengisi pulsa sebesar Rp 50.000, maka pelanggan  bisa bicara gratis.
Operator XL Axiata Tbk dengan produk XL juga menawarkan gratis SMS 100 SMS setiap hari melalui paket combo. Direktur Marketing XL Nicanor V Santiago mengatakan, paket gratis itu diberikan kepada pelanggan baru yang mengaktifkan kartu perdana XL prabayar.
Berbeda dengan operator seluler PT Natrindo Telepon Seluler pemilik merek AXIS. AXIS menawarkan paket langganan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Paket langganan itu ditujukan kepada pelanggan pascabayar AXIS. Paket langganan itu mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 setiap bulannya. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: