Aangsunu's Blog

Terios TS Matik Jadi SUV Alternatif

Posted by aangsunu on 2 July 2010

SEMENJAK diperkenalkan tahun 2006 Daihatsu Terios sudah menawarkan tiga varian berbeda. Ketiga varian itu adalah Terios TX transmisi manual (MT), Terios TX transmisi otomatis atau matik (AT), dan Terios TS. Terios TS juga ditawarkan dua model TS standar dan TS extra.
Pembeda antara TS standar dan TS extra hanya pada fitur yang terpasang di dalam mobil itu. TS extra sudah dilengkapi pendingin atau AC single blower, sedangkan TS standar tanpa menggunakan AC. Varian dari Terios itu tidak berubah hingga empat tahun sejak Terios diperkenalkan tahun 2006.
Memasuki tahun 2010 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen Daihatsu Terios menawarkan satu varian lagi. Varian Terios TS ditambah dengan menawarkan Terios TS AT. Penawaran Terios TS AT itu melengkapi varian yang diproduksi oleh Daihatsu. Bahkan harga yang ditawarkan juga di bawah Rp 200 juta, yakni Rp 166,6 juta.
Tuas transmisi matik dipasang model G shift yang memudahkan penggunanya. Karena menggunakan transmisi matik, di bagian kaki juga tersedia foot rest. Fungsinya untuk meletakkan kaki kiri pengemudi sehingga saat mengemudi lebih nyaman.
Terios merupakan model dari sport utility vehicle (SUV) dengan jarak tanah ke bodi cukup tinggi juga terpasang side step. Side step ini berfungsi untuk memudahkan penumpang untuk masuk ke dalam mobil. Side step ini terpasang di sisi kiri dan kanan bodi mobil. Untuk menyejukan ruangan sudah terpasang AC single blower.
Menggunakan transmisi matik, akselerasi mobil ini sedikit lambat dibandingkan tipe manual. Lambatnya akselerasi itu merupakan hal yang wajar bagi mobil yang menggunakan transmisi matik. Namun di sisi lain dengan menggunakan transmisi matik “kerja” pada bagian kiri pengemudi tidak terlalu berat, karena tidak perlu menginjak kopling.
“Akselerasi mobil matik lebih lambat adalah wajar karena sistem bekerjanya transmisi juga berbeda,” kata Head Executive Product Development Division ADM Pradipto Sugondo.
Head Domestic Sales PT ADM Elvina Afny mengatakan, up grade untuk Terios TS atau varian yang paling murah karena permintaan Terios dengan transmisi matik sebenarnya banyak. Ini terlihat dari permintaan varian Terios TX matik. Namun saat harga mobil naik, harga Terios TX matik juga ikut naik. Dampaknya calon pembeli Terios TX AT beralih ke Terios TX manual.
Selama tahun 2009 Terios mencatat penjualan yang sangat baik dengan membukukan penjualan sebesar 12.112 unit dan berhasil memperoleh pangsa pasar sebesar 45,8 persen. Di bulan Desember 2009 Terios berhasil terjual sebanyak 1.202 unit.
Chief Operating Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (DSO) Toto Suryana mengatakan, penawaran varian baru ini juga untuk memenuhi keinginan pasar yang membutuhkan mobil di bawah Rp 200 juta. Sementara Terios TX transmisi matik sudah hampir mendekati angka Rp 200 jutaan. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: