Aangsunu's Blog

Dua Hatchback dan Satu Crossover Hadir di Indonesia

Posted by aangsunu on 6 July 2010

MENUTUP semester I/2010 ada beberapa pemegang merek merilis varian baru di Indonesia. Para pemegang merek itu antara lain, PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI), PT Astra International – Peugeot Sales Operation, dan PT KIA Mobil Indonesia.
GMAI meluncurkan All New Chevrolet Spark, yang merupakan mini hatchback generasi terbaru dari GM. Peluncurkan mobil ini, kata Managing Director PT GMAI Mukiat Sutikno, varian ini akan menyegarkan pasar kendaraan kecil di Indonesia. Apalagi pasar otomotif di Indonesia sudah kembali meningkat.
“Kami tawarkan penerus Spark ini ke konsumen di Indonesia. Varian ini sejak dirilis kali pertama hingga April 2010 di Eropa telah terjual sebanyak 96.710 unit. Kami berharap mobil ini juga dapat memberikan hasil  yang baik bagi GM di Indonesia,” kata Mukiat.
All New Chevrolet Spark dijual dengan harga Rp 139 juta on the road Jakarta. Mukiat mengatakan, mobil mini ini diharapkan dapat terjual hingga 125 unit setiap bulannya. Mobil terbaru ini membawa mesin 1.200 cc dengan teknologi S-Tech II DOHC yang dilengkapi dengan Port Deactivation. Mobil itu memakai transmisi tipe manual lima  percepatan.
Mukiat mengatakan, meski masuk dalam kategori hatchback tidak melupakan unsur kenyaman. Mobil ini juga diprogram untuk mampu mereduksi suara, getaran, dan kekasaran atau NVH (noise, vibration, harshness). Ketiga fokus itu diterapkan melalui penggunaan isolasi lantai yang lebih baik, membuat sekat panel depan, dan lapisan peredam pada bagian dalam bodi.
“Selain itu sistem suspensi McPherson strut dengan tambahan torsion beam pada bagian suspensi belakang, juga mendukung tercapainya kenyamanan dan keseimbangan pengendalian,” kata Mukiat.
Di Indonesia, All New Chevrolet Spark ditawarkan dalam delapan pilihan warna, carbon flash metallic, switch silver metallic, moroccan blue metallic, green cocktail metallic, ice teal metallic, coconut champagne metallic, misty lake metallic, super red, dan olympic white.
PT KIA Mobil Indonesia juga merilis mobil baru yang merupakan rencana dari tujuh mobil yang akan dirilis oleh KIA di Indonesia. Pemegang merek mobil asal Korea Selatan itu meluncurkan New KIA Pride. Mobil dengan model hatchback itu ditawarkan dalam dua varian, menggunakan transmisi manual dan transmisi otomatis.
Untuk transmisi manual dibandrol dengan harga Rp 145 juta OTR Jakarta, dan transmisi otomatis dijual dengan harga Rp 158 juta OTR Jakarta. Mobil itu menggunakan mesin 1.400 cc DOHC 16 katup CVVT. Tenaga mesin maksimal dapat mencapai 94 PS pada 6.000 rpm, dan torsi maksimal 12,7 kgm pada 4.700 rpm.
Crossover
Sementara itu, mobil asal Perancis, Peugeot, juga tidak mau ketinggalan meluncurkan varian baru. Melalui PT Astra International – Peugeot Sales Operation  merilis crossover baru, Peugoet 3008 yang dibandrol dengan harga Rp 429,9 juta OTR Jakarta.
Menurut Chief Executive Officer PT PT Astra International – Peugeot Sales Operation  Contantinus Herlijoso, sejak diluncurkan kali pertama di Geneva Motor Show 2009 Peugeot 3008 telah terjual sebanyak 50.000 unit. Mobil ini dijual dalam bentuk complete built up (CBU) utuh dari Perancis.
“Mobil ini menggunakan mesin 1.600 cc dengan transmisi otomatis enam tingkat percepatan. Kapasitas penumpang bisa membawa lima penumpang. Untuk di Indonesia ditargetkan penjualan Peugeot 3008 sebanyak 80 sampai 100 unit hingga akhir tahun ini. Namun konsumen harus inden selama dua bulan,” kata Herlijoso.
Herlijoso mengatakan, varia terbaru ini akan mendapatkan layanan purna jual eksklusif dari Peugeot berupa garansi dua tahun atau 50.000 km. Termasuk paket perawatan Peugeot selama lima tahun atau 60.000 km. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: