Aangsunu's Blog

Kontes Mekanik Untuk Tingkatkan Kualitas Purna Jual

Posted by aangsunu on 6 July 2010

PELAYANAN purna jual sudah menjadi syarat utama para pemegang merek di Indonesia saat menjual produknya. ATPM terus mengasah SDM untuk meningkatkan kualitas dalam melayani pelayanan purna jual. Salah satunya adalah mengadakan kontes mekanik seperti yang dilakukan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia dan PT General Motors AutoWorld Indonesia.
Pemegang merek Isuzu di Indonesia menggelar Isuzu technical skill competition. Acara itu sudah digelar sebanyak 12 kali oleh Isuzu di Indonesia. Bahkan para pemenang dari kontes itu juga diikutsertakan dalam kontes mekanik di tingkat Asia. Kontes pada kali ini diikuti oleh 650 orang teknisi dan partman.
Para peserta itu, kata Head of Promotion PT Isuzu Astra Motor Indonesia Maman Fathurohman, diseleksi di area masing-masing yang tersebar di seluruh Indonesia. Para pemenang di area itu diadu di Jakarta untuk berlaga di tingkat nasional. Para peserta itu terbagi menjadi grup leader dan mekanik, service advisor, dan part man.
“Masing-masing kategori itu mempunyai materi tes yang berbeda-beda. Seperti tes teori, engine, tes analisa, dan sebagainya. Untuk grup leader dan mekanik yang muncul sebagai terbaik akan ikut seleksi kompetisi yang akan mewakili Indonesia di kontes yang digelar di Jepang pada bulan Oktober mendatang,” kata Maman.
Kontes ini digelar untuk mendukung jaringan purna jual service yang dimiliki oleh Isuzu. Saat ini bengkel pemeliharaan dan perbaikan sudah mencapai 162 channel. Sedangkan untuk spare parts sudah mempunyai 1.442 channel.
Sementar itu, General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI) juga menggelar hal serupa. Sebanyak 10 mekanik menjadi finalis kontes mekanik itu yang berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Makassar, Denpasar, dan Pekanbaru.
Aftersales Director PT GMAI Suwadji Wirjono mengatakan, kegiatan itu digelar untuk mendukung jumlah populasi Chevrolet di Indonesia yang terus bertambah. Termasuk jumlah diler di Indonesia yang juga ikut bertambah, dan saat ini jumlah diler sudah mencapai 38 diler.
“Ada empat hal yang harus dikembangkan dalam hal layanan purna jual. Keempat hal itu adalah fasilitas, SDM, spare parts, dan service operations. Kegiatan kontes ini untuk peningkatan SDM di diler-diler milik Chevrolet,” kata Suwadji.
Para peserta kontes itu dihadapi berbagai model persoalan yang harus diselesaikan dalam hitungan waktu. Mekanik itu dituntut untuk dapat mengatasi mulai dari engine management system baik mesin diesel dan mesin bensin, brake measurement, body electrical, dan cooling system. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: