Aangsunu's Blog

Ayo Jadi Juragan Teh Gelas

Posted by aangsunu on 8 July 2010

MAU berbisnis dengan modal tidak besar? Cobalah berdagang minuman teh yang modalnya mulai Rp 4,5 juta hingga Rp 7,5 juta. Modal itu akan kembali dalam waktu dua bulan hingga tiga bulan.

Minuman teh itu bermerek Goodtea yang terdiri dari teh hijau dan teh melati. Siapa saja bisa menjalin kerja sama melalui waralaba. Goodtea menawarkan program waralaba dalam tiga paket, yaitu paket A, paket B, dan tricycle booth.

Praska Gilang Ramanda dari Bagian Marketing Goodtea kepada Warta Kota, Selasa (14/7), mengatakan, paket A Rp 4,5 juta, paket B Rp 5,5 juta, dan paket tricycle booth Rp 7,5 juta. Paket-paket tersebut sudah termasuk pelatihan kepada karyawan atau penjaga stan.

Waralaba Goodtea, kata Gilang, berbeda dengan waralaba lainnya, karena tidak menarik biaya royalti dan fee franchise.

Semua keuntungan penjualan jadi milik pewaralaba.
Selain itu, manajemen juga tidak menarik biaya pengiriman ke pemilik usaha saat belanja modal berdagang dengan minimal belanja Rp 350.000. Asalkan, lokasi pengiriman berada di Jabodetabek. Belanja modal itu antara lain teh, gula, dan yang berhubungan dengan modal untuk dagang.

Dari ketiga paket itu, menurut Gilang, paket sepeda saat ini menjadi primadona karena lokasi berjualan dapat berpindah-pindah. Dalam satu bulan pengajuan untuk model sepeda (paket A) minimal 10 unit sepeda. Sedangkan untuk paket B rata-rata 10 sampai 15 stan.

Untuk mengajukan paket B atau yang menggunakan stan disarankan berlokasi di pusat perbelanjaan. Namun, di depan minimarket tidak terlalu disarankan.

Alasannya, kata Gilang, rata-rata orang yang datang ke minimarket hanya fokus untuk belanja di minimarket itu. Kecuali, di minimarket yang lokasinya berada di jalan yang ramai.
“Bukan berarti tidak boleh. Kami hanya menyarankan minimarket itu benar-benar ramai. Seperti lokasi minimarket yang dekat di jalan raya utama atau inter section,” kata Gilang.

Masa pengembalian modal hanya dalam waktu dua bulan, dengan catatan satu hari menjual 70 gelas-baik itu paket A, paket B, maupun tricycle booth. (ang)

Prakiraan Modal

  • Biaya produksi satu bulan          Rp  1.939.000
  • Biaya Operasional satu bulan   Rp   1.000.000
  • TOTAL                                             Rp  2.939.000

Prakiraan Keuntungan

  • Harga jual                                       Rp          2.500/Gelas
  • Pendapatan                                    Rp  5.250.000 (Asumsi sehari terjual 70 gelas)
  • Rp 5.250.000 – Rp 2.939.500 =  Rp  2.310.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: