Aangsunu's Blog

Berinternet Semakin Mudah

Posted by aangsunu on 8 July 2010

MESKIPUN akses internet pada saat ini semakin mudah. Bukan berarti semua tempat, seperti di Jakarta, dengan mudah mengakses internet. Tidak semua tempat tersedia akses internet, baik menggunakan kabel maupun non kabel seperti WiFi (Wireless Fidelity). Jaringan WiFi pun masih terbatas.
Manager Mobile Data, Broadband, & Convergent Device Management PT Telkomsel Arief Pradetya mengatakan, pengguna internet broadband atau bergerak terus bertambah. Apalagi belum semua wilayah atau area mendapatkan jaringan internet, baik melalui kabel maupun memakai konsep WiFi.
“Sementara kebutuhan akan akses internet terus tumbuh. Sedangkan jaringan belum semua dapat terakses. Dengan adanya layanan GPRS (General Packet Radio Service) dapat memberikan jawaban untuk mengakses data atau internet,” kata Arief.
Meski saat ini sudah ada layanan teknologi 3G, kata Arief, layanan GPRS tetap jalan dan semua handset juga sudah terpasang atau dapat mengakses layanan GPRS. Tidak hanya ponsel yang berharga di atas Rp 1 juta saja yang bisa memakai aplikasi GRPS, tetapi ponsel di bawah harga Rp 1 juta juga bisa memakainya.
Dengan menjalankan atau menyeting GPRS itu pengguna ponsel sudah dapat mengakses internet. Tanpa harus melakukan registrasi ulang atau mendaftar ulang. Bahkan, kata Arief, akses GPRS juga bisa mengakses situs jejaring sosial yang sedang tren saat ini.
Maka, kata Arief, jumlah pengguna broadband di Telkomsel didominasi oleh pelanggan yang menggunakan ponsel. Saat ini jumlah pelanggan broadband Telkomsel telah mencapai 2 juta pelanggan. Sebanyak 1,5 juta pelanggan diantaranya adalah pelanggan yang mengakses melalui ponsel.
“Pelanggan ini cukup besar, karena ponsel itu tidak hanya dipakai untuk mengakses data atau internet saja. Ponsel juga dipakai untuk memanggil dan menerima telepon, serta mengirim dan menerima pesan singkat. Sisanya adalah pelanggan broadband yang menggunakan USB modem untuk mengakses internet,” kata Arief.
Salah satu layanan yang diberikan untuk pengguna ponsel ini adanya paket small denomination volume plan. Paket itu menawarkan harga mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 450.000 bagi pelanggan Simpati dan Kartu As. Paket itu dihitung berdasarkan pemakaian dari volume atau volume based. Misalnya paket Rp 1.000 akan mendapatkan volume sebesar satu MB yang berlaku selama satu hari.
Dalam waktu dekat ini, kata Arief, akan meluncurkan paket layanan baru berupa paket opera. Dengan paket itu akan semakin memudahkan pelanggan dalam mengakses internet. Opera merupakan browser untuk membuat sebuah web atau situs. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: