Aangsunu's Blog

Cukup Rp 500.000 Bisa Bawa Pulang Motor Baru

Posted by aangsunu on 8 July 2010

PENJUALAN sepeda motor pada awal tahun ini meningkat hingga 75 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2009. Bila dua bulan pertama 2009 penjualan hanya 782.323 unit, meningkat menjadi 1.038.725 unit di periode yang sama 2010.
Peningkatan penjualan itu membuat para dealer motor menawarkan kemudahan untuk membeli sepeda motor baru. Kemudahan yang ditawarkan mulai dari uang muka yang terjangkau hingga pengurangan jangka waktu cicilan. Tawaran itu juga dipengaruhi suku bunga kredit yang juga sudah turun dibandingkan beberapa waktu lalu.
Termasuk kemudahan dalam melampirkan syarat administrasi kepada calon pembeli. Ada yang cukup melampirkan foto kopi kartu keluarga dan kartu tanda penduduk sudah bisa membawa pulang motor baru. Sebelumnya untuk mendapatkan motor baru dengan cara kredit dealer melakukan survey ke tempat tinggal calon pembeli.
Saat ini cukup membawa uang sebesar Rp 500.000 sebagai uang muka atau down payment dapat membeli sepeda motor baru. Uang muka sebesar itu bisa dipakai untuk pembelian sepeda motor dengan harga motor jenis bebek atau skutik yang saat ini dijual antara Rp 12,5 juta dan Rp 14,5 jutaan.
“Cukup bawa uang Rp 500.000 bisa membawa sepeda motor baru. Uang muka itu bisa dipakai untuk pembelian dengan masa waktu kredit dua tahun hingga tiga tahun. Jika meminjam selama tiga tahun, cicilan cukup dibayar 35 kali. Cicilan pertama sudah digabung pada saat pembayaran DP. Jadi pertama bayar uang muka ditambah cicilan pertama,” kata Riana, sales Rahayu Motor.
Saat ini, kata Riana, penawaran uang muka antar dealer juga sangat ketat. Namun rata-rata penawaran uang muka paling rendah adalah Rp 500.000. Sangat jarang yang berani menawarkan uang muka di bawah Rp 500.000. Dia mengatakan, uang muka sebesar itu sudah cukup ideal dan dianggap terjangkau untuk membeli sepeda motor.
Selain uang muka, kata Yulianti, sales Sentosa Motor, ada beberapa paket atau program yang dibuat oleh dealer. Seperti pengurangan masa cicilan atau angsuran. Misalnya, pembelian motor dengan jangka waktu tiga tahun atau 36 bulan, karena ada program khusus cicilannya berkurang menjadi 35 bulan.
“Atau ada yang menggunakan cash back. Sebenarnya cash back itu juga sama dengan diskon. Uang muka Rp 2 juta, dapat cash back Rp 1 juta. Artinya uang muka hanya bayar Rp 1 juta,” kata Yuliati.
Mengenai suku bunga kredit saat ini sudah turun dibandingkan tahun lalu. Yulianti dan Riana mengatakan, bunga kredit selama tiga tahun saat ini rata-rata tiga persen. Sebelumnya bunga kredit lebih dari tiga persen. Maka dengan harga motor baru rata-rata Rp 12 jutaan, cicilan bulanan selama tiga tahun rata-rata Rp 530.000-an.
Sebagai contoh untuk pembelian Honda Beat dengan harga Rp 12,5 juta cicilan setiap bulannya sebesar RP 566.000 selama 2,5 tahun atau 29 kali. Cicilan akan semakin berkurang jika menyicil selama tiga tahun dengan cicilan sebesar Rp 503.000/bulan.
Pembelian motor secara kredit itu sudah mendapatkan asuransi. Wahyu, sales Andalas Motor, mengatakan, asuransi motor sudah termasuk dari pembelian motor secara kredit. Sedangkan untuk pembayaran secara tunai asuransi tidak masuk dari harga itu.
Namun, kata Wahyu, bagi pembeli motor secara tunai bisa mendapatkan asuransi sebagai tambahan. Premi yang harus dibayar umumnya tiga persen dari harga motor. Bila membeli motor dengan harga Rp 13,5 juta, maka premi asuransi yang harus dibayar adalah Rp 405.000-an. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: