Aangsunu's Blog

Esia Luncurkan Mencari Teman Melalui Telepon dan SMS

Posted by aangsunu on 8 July 2010

Operator ponsel PT Bakrie Telecom Tbk menawarkan layanan akses jejaring pertemanan tanpa menggunakan internet melalui produknya Esia. Esia menawarkan layanan itu cukup memanfaatkan layanan voice atau suara dan SMS dengan nama layanan Telusur TemanMu (TTM) yang diperkenalkan di Jakarta, Senin (8/2).
Wakil Presiden Direktur PT Bakrie Telecom Tbk Erik Meijer mengatakan, layanan ini diluncurkan karena potensi untuk memanfaatkan layanan voice dan SMS  sangat besar dibandingkan melalui internet. Saat ini jumlah pengguna layanan voice dan SMS sebanyak 120 juta pelanggan, sedangkan pelanggan layanan internet baru mencapai 25 juta pelanggan.
“Memang situs jejaring sosial atau pertemanan diakses dan berbasis internet. Tetapi jumlah pelanggan terbanyak melalui layanan voice dan SMS. Kami melihat peluang melalui layanan suara dan pesan singkat ini sangat besar. Maka kami memperkenalkan layanan Esia TTM,” kata Erik.
Erik mengatakan, layanan Esia TTM ini memungkinkan pengguna Esia berjejaring dengan teman-teman melalui telepon (suara) dan SMS. Selain itu layanan jejaring pertemanan itu hingga saat ini masih diminati dan tren penggunanya terus meningkat.
Untuk menggunakan layanan ini cukup mengeluarkan biaya Rp 1.000/minggu dan biaya penggunaan hanya Rp 500/menit untuk layanan suara dan Rp 250/sms untuk layanan melalui pesan singkat.
Agar bisa menggunakan layanan itu pelanggan cukup menghubungi nomor 141. Dari nomor itu pelanggan dapat mencari dan mendengarkan daftar profil pelanggan Esia yang sudah bergabung pada layanan Esia TTM. Melalui nomor itu juga pelanggan yang baru mendaftar juga akan mendapatkan satu nomor identitas pengenal sebagai pengganti nomor telepon.
Erik mengatakan, layanan ini sebelumnya sudah diujicobakan pada akhir tahun 2009. Saat diujicobakan itu jumlah pelanggan Esia TTM sudah mencapai 1.500 pelanggan.  Setelah diperkenalkan jumlah pelanggannya diharapkan dapat bertambah sebanyak mungkin.
Talkmania
Sementara itu, Telkomsel melalui produk Simpati memberikan layanan komunikasi murah dengan program talkmania. Program talkmania memberikan kemudahan pelanggan atau pengguna Simpati untuk menelpon berkali-kali satu hari selama 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel.
General Manager Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, pelanggan Simpati untuk menggunakan layanan ini cukup membayar Rp 2.000 dan harus mendaftar terlebih dahulu. Dengan biaya Rp 2.000 itu pelanggan bisa menelepon berkali-kali seharian selama 100 menit untuk ke sesama pelanggan Telkomsel.
“Untuk menggunakan layanan itu pelanggan Simpati cukup mengirim SMS ke nomor 8999. Pelanggan cukup ketik TM (spas) on dan kirim ke nomor 8999. Setelah terdaftar pelanggan dapat menggunakan layanan ini mulai dari pukul 01.00 hingga 17.00 dengan durasi 100 menit (6.000 detik) ke semua pelanggan Telkomsel,” kata Nirwan.
Nirwan mengatakan, untuk mengecek status aktivasi layanan itu, saldo durasi dalam satu hari penggunaannya, dan bonus lain  pelanggan dapat mengakses menu *889#.  Selain itu pelanggan Simpati juga bisa memberikan layanan itu kepada sesama pengguna Simpati.
Untuk memanfaatkan layanan itu cukup mengirim SMS dan ketik TM (spasi) Kasih (spasi)(nomor tujuan) dan kirim ke nomor 8999. Untuk setiap pengiriman layanan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000.
Melengkapi program itu pelanggan Simpati juga memperoleh bonus akses internet sebesar lima MB yang dapat dipakai satu hari dengan membeli paket internet lima MB seharga Rp 5.000/tujuh hari. Selain itu, juga tersedia paket Facebook (m.facebook.com) dan chat (via eBuddy, mig33, atau Nimbuzz) dengan harga Rp 1.000 yang dapat digunakan seharian penuh. Pelanggan cukup tekan *363# atau *999#. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: