Aangsunu's Blog

Foton Midi Ingin Cicipi Pasar Low MPV

Posted by aangsunu on 8 July 2010

PT Foton Mobilindo, pemegang merek mobil Foton di Indonesia, ingin ikut bersaing di segmen low multi purpose vehicle (MPV) yang cukup gemuk. Mobil asal China sudah menyiapkan produk untuk nyemplung di segmen dengan membawa Foton Midi.
Mobil dengan kapasitas mesin 1.300 cc itu akan resmi masuk ke Indonesia pada kuartal III/2010. Mobil itu akan masuk ke Indonesia dalam bentuk impor secara utuh atau complete built up (CBU) dari China. Mobil itu rencananya akan dibandrol dengan harga Rp 100 jutaan.
Bahkan, kata Direktur PT Foton Mobilindo Charles Honoris, mobil itu bisa lebih kompetitif jika sudah dirakit di Indonesia atau diimpor dalam bentuk complete knock down (CKD). Namun untuk mengimpor dalam bentuk terurai itu masih terus dibicarakan antara PT Foton Mobilindo dengan prinsipal Foton di China.
“Harga mobil itu kami jual dalam kondisi off the road. Sebenarnya untuk nama kami masih mempertimbangkan apakah memakai Midi atau nama lain. Di Filipina tidak memakai nama Midi, tetapi memakai nama lokal Filipina. Maka untuk nama kami masih terus mempertimbangkan,” kata Charles.
Mesin 1.300 cc dengan 16 katup atau valve itu dan suplai bahan bakar menggunakan multi point injection itu mampu mengeluarkan tenaga hingga 85 horse power (HP) pada 6.000 RPM. Sedangkan torsi yang dihasilkan dapat mencapai hingga 106 Nm pada 4.500 RPM.  Pada bagian rem akan terpasang rem yang dilengkapi dengan ABS.
Sekilas tampilan Foton Midi seperti Peugeot/Renault Kangoo. Mobil itu berkapasitas lima penumpang. Pada pintu belakang sisi kiri dan kanan menggunakan model sliding door sehingga lebih memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar mobil. Pada bagian belakang tersedia ruang bagasi yang cukup besar.
“Penampilan dan fitur yang ditawarkan cukup menarik sehingga kami yakin mobil ini dapat bersaing di Indonesia. Apalagi harga juga di bawah mobil-mobil merek Jepang,” kata Charles. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: