Aangsunu's Blog

Harga Murah Bisa Menarik Konsumen Asalkan….

Posted by aangsunu on 8 July 2010

SEKITAR 12 tahun lalu motor China hadir di Indonesia memakai merek lokal. Motor itu wira-wiri di kota-kota yang di Indonesia, termasuk di Jakarta. Motor itu cukup diminati oleh konsumen karena harga yang lebih murah dibandingkan motor merek Jepang.
Selain harga yang lebih murah, model motor China itu juga mirip dengan motor merek Jepang. Bahkan kemiripan itu sempat ke pengadilan karena ada gugatan dari pemegang merek asal Jepang. Motor asal China dianggap telah menjiplak model milik pemegang merek Jepang.
Seiring perjalan waktu motor China seolah tertelan bumi. Padahal motor itu sempat beredar selama tujuh tahun dari tahun 1997 hingga tahun 2004. Namun peredaran  motor China itu tidak sepenuhnya didukung oleh layanan purna jual. Motor-motor banyak memanfaatkan pada layanan di bengkel umum.
Masalah layanan purna jual itulah yang membuat konsumen beralih dan meninggalkan. Sementara itu, berkaitan dengan perdagangan bebas China – ASEAN  motor asal China mempunyai peluang besar untuk berkiprah lagi di Indonesia. Mungkin produsen asal China dapat berkaca pada penjualan beberapa tahun lalu dengan memperhatikan layanan purna jual. Seperti yang dilakukan oleh pemegang merek mobil asal China di Indonesia.
Sementara itu, pemegang merek Kymco akhirnya harus menghentikan produksi sejak November 2008. Motor asal Taiwan itu juga dianggap sebagai pelopor motor matik di Indonesia. Varian yang ditawarkan juga beragam. Bahkan produsen itu juga sudah mempunyai pabrik di Cikarang dengan kapasitas produksi 100.000 unit/tahun. Padahal Kymco juga memiliki jaringan layanan purna jual.  (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: