Aangsunu's Blog

Memilih-pilih City Car dan Low MPV

Posted by aangsunu on 8 July 2010

MEMASUKI tahun 2010 pemegang merek mobil di Indonesia ramai meluncurkan varian barunya. Termasuk meluncurkan varian mobil kecil (city car) dan low multi purpose vehicle (MPV). Sebut saja PT KIA Mobil Indonesia, PT Foton Mobilindo, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Mazda Motor Indonesia, dan PT Ford Motor Indonesia meluncurkan varian mobil tersebut.
ATPM KIA di Indonesia, PT KIA Mobil Indonesia, melakukan penyegaran terhadap salah satu produk andalannya, yakni KIA Picanto. Mobil mungil itu mulai ditawarkan ke konsumen sejak bulan Januari 2010 dengan rentang harga Rp 115 juta hingga Rp 131 juta. KIA Picanto ditawarkan dua varian, yakni menggunakan transmisi manual dan transmisi otomatis atau matik.
Direktur Marketing PT KMI Hartanto Sukmono mengatakan, penawaran varian baru itu untuk menyegarkan penampilan KIA Picanto yang sudah dijual di Indonesia sejak tahun 2004. Selain itu, penyegaran ini juga untuk mengantisipasi lonjakan permintaan mobil di tahun ini.
“Kami memprakirakan penjualan mobil akan meningkat pada tahun ini. Kami pun juga ingin penjualan KIA Picanto juga meningkat dibandingkan tahun 2009. Maka kami lakukan face lift untuk KIA Picanto. Apalagi kami menjadi market leader untuk kelompok city car,” kata Hartanto.
Suzuki pun tidak mau tertinggal untuk masuk di kelompok city car. Meskipun sudah mempunyai Suzuki Karimun, PT Suzuki Indomobil Sales, pemegang merek Suzuki di Indonesia, akan menawarkan varian baru, yakni Suzuki Splash. Suzuki Splash ini untuk melengkapi line up Suzuki yang sudah mempunyai mobil di kelompok city car hingga low MPV.
Suzuki Splash ini berada di antara Suzuki Karimun Estilo dan Suzuki Swift atau Suzuki SX4. Menurut rencana Suzuki Splash akan dibandrol antara harga Rp 145 juta dan Rp 150 juta. Sedangkan Suzuki Karimun Estilo saat ini dibandrol dengan harga Rp 129, 5 jutaan dan Suuzki Swift dijual mulai dari harga Rp 172,5 juta hingga Rp 195 juta.
PT Mazda Motor Indonesia di penghujung tahun 2009 sudah melepas varian Mazda2. Sejak dirilis pada bulan November 2009, data penjualan Gaikindo tahun 2009, mobil itu sudah terjual sebanyak 327 unit. Kembaran dari Mazda2 itu juga akan diluncurkan oleh PT Ford Motor Indonesia dengan merilis Ford Fiesta. Mazda2 dan Ford Fiesta  dijual direntang harga antara Rp 175 juta dan Rp 200 juta.
Sebelumnya produsen mobil asal China sudah meramaikan di pasar Indonesia melalui Cherry QQ. Mobil berkapasitas mesin 1.000 cc itu sudah wira-wiri sejak tahun 2006. Hingga tahun 2007 Cherry QQ cukup membuat kejutan karena dalam satu tahun dapat terjual sebanyak 1.000. Namun selama tahun 2009 penjualan Cherry QQ berdasarkan data dari Gaikindo hanya mencapai 305 unit.
Untuk kategori low MPV produsen mobil asal China, Foton, melalui PT Foton Mobilindo juga ingin meramaikan di kelompok low MPV. Direktur PT Foton Mobilindo Charles Honoris mengatakan, Foton akan menghadirkan kendaraan low MPV dengan harga Rp 100 jutaan (off the road) di Indonesia.
Charles mengatakan, Foton akan memasukkan salah satu modelnya yang diimpor langsung dari China. Varian yang akan masuk itu adalah Foton Midi yang mampu membawa lima penumpang. Dia mengatakan, harga yang ditawarkan itu sangatlah  kompetitif dengan mobil-mobil lain yang sudah dijual di Indonesia.
“Kami masih melakukan pembicaraan dengan pihak prinsipal Foton untuk dapat merakit di Indonesia atau mengimpor dalam keadaan terurai atau complete knock down (CKD). Jika itu bisa dilakukan kami yakin harga yang ditawarkan akan lebih murah. Termasuk ada perdagangan bebas antara China dan ASEAN,” kata Charles.  (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: