Aangsunu's Blog

Mobil Seken Menjadi Pilihan

Posted by aangsunu on 8 July 2010

SAAT ini memakai atau membeli seken tidak ubahnya membeli mobil baru. Pasalnya, banyak para pedagang mobil seken di kawasan Jakarta dan sekitar banyak menawarkan mobil seken dengan usia pemakaian tidak lebih dari lima hingga enam tahun.
Menawarkan mobil seken dengan usia pemakaian kurang dari enam tahun bisa mendekati keinginan konsumen yang ingin membeli mobil. Konsumen ingin mengganti mobil dengan usia pemakaian lebih baru tetapi keuangan tidak mencukupi untuk membeli mobil baru.
Apalagi harga mobil baru, bahkan dalam satu tahun terakhir ini, terus mengalami koreksi harga alias naik. Sementara mobil seken, meski juga naik, tetapi kenaikannya tidak terlalu besar dibandingkan mobil baru.
“Sekarang ini mobil seken menjadi pilihan. Konsumen yang ingin mengganti mobil dengan usia pemakaian yang lebih muda, banyak memilih mobil seken. Meskipun beberapa waktu lalu ada varian yang harga sekennya mendekati mobil baru. Seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada tiga tahun lalu harga sekennya hanya berselisih sedikit,” kata pemerhati otomotif Herjanto Kosasih.
Menurut Doni, pedagang mobil seken di kawasan Kelapagading, Jakarta Utara, mobil seken yang banyak dicari oleh konsumen dengan usia produksi tidak lebih dari enam atau lima tahun. Dengan rentang harga antara Rp 100 juta hingga Rp 200 juta. Mobil dengan rentang harga itu mulai dari jenis sedan hingga mobil keluarga.
Doni mengatakan, mobil dengan rentang harga itu antara Kijang Innova, Toyota Avanz, Daihatsu Xenia, Kijang Kapsul, hingga Suzuki Swift. Namun, kata Doni, saat ini kecenderungan konsumen mencari mobil keluarga yang dapat memuat penumpang yang lebih banyak.
Apalagi, kata Wahyudi di Bursa Mobil Kemayoran, pembelian mobil seken juga bisa dilayani dengan cara kredit. Dia mengatakan, pembelian mobil seken dengan cara kredit juga menarik konsumen. Hal itu ditawarkan karena pembelian mobil seken dengan kredit saat ini juga cukup banyak.
“Sudah banyak perusahaan jasa keuangan atau leasing yang menawarkan pembayaran mobil seken dengan kredit. Ini layaknya seperti mobil baru. Jangka waktu kredit juga bisa mencapai dua tahun. Tetapi kalau yang senang gonta-ganti mobil, lebih senang tunai,” kata Wahyudi
Herjanto mengatakan, harga mobil seken juga bisa turun dibandingkan mobil baru. Dia memberikan contoh ketika ATPM memberikan diskon hingga lebih dari Rp 10 juta pada akhir tahun lalu, harga mobil seken juga ikut turun antara lima persen dan tujuh  persen.
Akan tetapi, kata para pedagang, mobil seken juga juga bisa terpengaruh dari krisis keuangan dan suku bunga seperti yang terjadi tahun lalu. Saat suku bunga naik penjualan sempat anjlok dan pedagang tidak mau stok barang dalam jumlah banyak.
Salah seorang pedagang mobil bekas yang enggan dikutip  namanya mengatakan, rencana pajak progresif juga bisa berpengaruh pada penjualan mobil seken. Dia memprakirakan dengan berlakunya pajak progresif penjualan mobil baru akan turun dan permintaan mobil seken akan meningkat.
“Kita lihat mengenai aturan pajak baru nanti. Kalau itu benar diberlakukan mobil seken akan banyak dipilih. Meskipun harga mobil seken juga mengalami kenaikan harga beberapa kali. Namun kenaikan harga mobil seken tidak sebanyak mobil baru,” kata pedagang mobil itu. (ang)

Tips membeli mobil bekas :
1. Usahakan mencari mobil bekas di show room resmi yang memberikan garansi. Jika membeli kepada pemilik langsung usahakan mengetahui asal usul kendaraan.
2. Jangan tergiur dengan mobil bekas yang harga jualnya jauh dari pasaran. Mobil seperti sering diindikasikan mobil curian.
3. Sebelum membeli usahakan mencatat nomor surat tanda nomor kendaraan (STNK), nomor mesin, nomor rangka, serta nomor bukti pemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Setelah nomor itu dicek ulang ke kantor samsat atau kantor lalu direktorat lalu lintas kepolisan setempat. Hal ini mengetahui apakah surat itu masuk dalam daftar blokir atau mobil yang hilang dicuri.
4. Bila tidak memahami kondisi mesin dan bagian lain kendaraan seperti kaki-kaki, ban, pintu, dan cat, usahakan mengajak kerabat atau kenalan yang paham akan mesin dan bagian lain kendaraan. Usahakan kendaraan yang akan dibeli dicoba terlebih dahulu.
5. Setelah membeli bawa mobil ke bengkel untuk mengecek ulang semua kondisi mesin dan kelistrikan.
6. Segera balik nama mobil yang sudah dibeli.

Lokasi penjualan mobil bekas :
1. WTC Manggadua, Jakarta Utara
2. Bursa Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat.
3. Jalan Boulevard Timur, Kelapagading, Jakarta Utara.
4. Jalan Pahlawan Revolusi, Pondokbambu, Jakarta Timur.
5. Jalan Jatiwaringin, Jakarta Timur.
6. Mobil 88 seperti di Jalan Saharjo, Jakarta Selatan, dan Jalan TB Simatupang,
7. Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan
8. Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur
9. Manggadua Square, Jakarta Pusat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: