Aangsunu's Blog

Motor Non Jepang Serius Garap Layanan Purna Jual

Posted by aangsunu on 8 July 2010

AFTER sales-nya bagaimana? Itu yang kerap menjadi pertanyaan calon pemilik sepeda motor jika ingin membeli sepeda motor merek non Jepang. Puluhan tahun motor merek asal Jepang sudah berseliweran di jalan-jalan, termasuk di Jakarta.
Sekitar 12 tahun lalu motor-motor asal China mulai masuk ke Indonesia termasuk ke Jakarta. Motor-motor itu memakai merek dengan nama-nama lokal. Motor asal China  itu sempat “mengganggu” motor merek Jepang karena harganya yang lebih murah. Harga motor China bisa lebih murah hingga 50 persen dibandingkan motor merek Jepang. Seiring perjalanan waktu motor asal China seperti tertelan bumi.
Sebenarnya hingga tahun 1980-an ada merek motor asal Italia yang eksis bertahan, yakni Piaggio atau Vespa. Bahkan pada tahun 1992 Piaggio sudah meluncurkan motor matik, mungkin itu kali pertama motor matik masuk ke Indonesia. Piaggio memperkenalkan motor matik itu dengan merek Corsa yang dijual pada tahun 1992. Merek ini pun seolah tertelan deru suara knalpot motor merek Jepang.
Pada tahun 2005 motor non Jepang mulai melirik pasar Indonesia. Pasar sepeda motor di Indonesia dianggap potensial karena peluangnya cukup besar. Rata-rata pertahun sekitar 5,5 juta unit motor dapat terjual. Sebut saja duet produsen motor asal India, PT TVS Motor Company Indonesia dan PT Bajaj Auto Indonesia. Serta PT Minerva Motor Indonesia yang membawa teknologi Jerman. Termasuk Piaggio dan Vespa yang saat ini digawangi oleh PT Sentra Kreasi Niaga.
Manager Corporate Communications PT TVS Motor Company Indonesia Nurlida Fatmikasari mengatakan, TVS di Indonesia untuk jangka panjang karena pasar Indonesia sangat potensial. Untuk itu layanan purna jual atau after sales menjadi perhatian yang utama.
“Target 100 dealer telah tercapai pada tahun 2008. Pada tahun ini kami menargetkan outlet menjadi 650 outlet. Dealer yang kami dirikan mengusung konsep 3S (sales, service, dan spareparts). Termasuk membina bengkel umum menjadi bengkel mitra TVS,” ujar Mieke, sapaan akrab Nurlida Fatmikasari.
TVS saat ini, kata Mieke, telah mempunyai empat varian sepeda motor dengan harga mulai dari Rp 12 jutaan. Produk kali pertama diluncurkan adalah TVS Neo 110 cc pada tahun 2008. Pada tahun 2009 TVS meluncurkan varian bebek yang dilengkapi sistem audio, yakni TVS RockZ 125 cc.
Presiden Direktur Bajaj Auto Indonesia KS Grihapaty dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu mengatakan, saat ini Bajaj Auto Indonesia telah memiliki sedikitnya 90 ruang pamer dengan konsep 3S. Serta memiliki pabrik untuk merakit di kawasan Cikarang.
Sementara bagi penggemar Piaggio juga diperhatikan oleh PT Sentra Kreasi Niaga  (SKN) selaku distributor Piaggio di Indonesia. Presiden Direktur PT SKN Nugroho Tjandrakusuma mengatakan, pada tahun ini Piaggio akan menambah jumlah dealer menjadi 16 dealer. Dealer baru itu akan dibuka di Jakarta dan beberapa kota lainnya. Penambahan dealer itu juga berkaitan dengan target penjualan Piaggio di atas 1.000 unit pada tahun ini.
PT Minerva Motor Indonesia juga telah menyiapkan dealer resmi meskipun motor itu baru hadir pada tahun 2009. Hingga saat ini jumlah dealer resmi yang dimiliki telah mencapai 38 dealer resmi dan 560 dealer yang merupakan dealer kerja sama. (ang)

Pake Tabel aja
Contoh produk
TVS :     TVS Neo 110 cc
TVS RockZ 125 cc
TVS Apache RTR single disc 160 cc
TVS Apache RTR dual disc 160 cc

Bajaj :  Bajaj XCD 125 cc
Bajaj Pulsar DTS-i 180 cc
Bajaj Pulsar DTS-i 200 cc

Piaggio : Piaggio Fly 150
Piaggio X-Evo 250
Vespa  : Vespa LX 150
Vespa S 125

Minerva : Minerva Megelli 250
Minerva Sachs GTR 150
Minerva Sachs Super Moto 250

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: