Aangsunu's Blog

Motor Skutik Akan Terus Bertambah

Posted by aangsunu on 8 July 2010

TREN permintaan skutik terus bertambah dalam kurun waktu empat tahun terakhir  ini. Apalagi permintaan itu juga didukung oleh infrastruktur, seperti jalan raya yang semakin membaik. Bahkan tidak menutup kemungkinan penjualan skutik akan menyamai penjualan motor bebek atau cub.
FX Sapto Juniharsanto Planner Brand I Skutik PT Suzuki Indomobil Sales, ATPM  motor Suzuki di Indonesia, mengatakan, tren skutik memang terus tumbuh bahkan penjualannya skutik bisa mencapai lebih dari 36 persen dari total penjualanya selama satu bulan.
“Angka itu terus bertambah. Dan kami memprakirakan dapat terus bertambah dalam tahun-tahun berikutnya. Apalagi segmen motor ini juga tidak terbatas. Semua segmen sudah banyak memakai skutik. Termasuk dipakai untuk modifikasi, dari sekedar menambah aksesori hingga modifikasi ekstrem,” kata Sapto.
Saat ini, kata Sapto, rata-rata penjualan Suzuki secara nasional mencapai 40.000 unit/bulan. Dari total penjualan itu skutik dapat menyumbangkan penjualan sebesar 36 persen. Angka itu diprakirakan akan terus tumbuh, apalagi prakiraan total penjualan motor secara nasional pada tahun ini juga akan meningkat dibandingkan tahun 2009.
Manisnya pasar skutik ini juga dirasakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM), pemegang merek motor Honda di Indonesia. Penjualan skutik, kata Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan, mengalami peningkatan yang cukup banyak. Penjualan di bulan Februari 2010 mengalami peningkatan hingga 65 persen dibandingkan bulan Februari 2009.
“Pada bulan Februari kemarin penjualan skutik mencapai 87.133 unit. Angka itu bertambah dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2009. Tahun lalu penjualan skutik baru mencapai 52.822 unit,” kata Julius.
Julius mengatakan, pada tahun ini penjualan terbesar disumbang oleh Honda Beat yang mencapai 43.901 atau meningkat hingga 78 persen. Tahun lalu Honda Beat baru dapat terjual sebanyak 24.640. Sedangkan Honda Vario terjual sebanyak 43.232 unit atau meningkat hingga 53,4 persen dibandingkan tahun lalu yang baru terjual sebanyak 28.182 unit.
Namun penjualan skutik ini masih didominasi oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), pemegang merek Yamaha di Indonesia. Untuk segmen ini Yamaha masih mendominasi penjualan karena sudah menjualnya sejak tahun 2003. Sejak diluncurkan kali pertama tahun 2003 total penjualan motor skutiknya telah tembus hingga 3,21 juta unit. Pada tahun 2009 penjualan skutik milik Yamaha mencapai 1,23 juta unit.
Kesadaran
Untuk memperbesar pasar skutik ini para ATPM terus memperkenalkan skutik dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales dengan menggelar sebuah kegiatan dengan tajuk “Geber Suzuki.” Kegiatan itu untuk memperkenalkan varian skutik yang dimiliki oleh Suzuki.
Deputy General Manager 2W Marketing-Planning Section Head PT Suzuki Indomobil Sales Joko Utomo mengatakan, kegiatan itu lebih memberikan awareness kepada calon konsumen mengenai produk yang dimiliki oleh Suzuki. Dengan kegiatan itu ingin menunjukkan bahwa Suzuki mempunyai tiga varian skutik, yakni Suzuki Spin, Suzuki SkyWave, dan Suzuki SkyDrive.
“Maka kami tidak mempunyai target yang muluk-muluk dalam jangka pendek. Kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada konsumen saja mengenai produk skutik. Ini merupakan target jangka panjang,” kata Joko.
Sedangkan Honda melalui varian Honda Beat membuat komunitas Honda Beat. Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) PT AHM Istiyani Susriyati mengatakan, kegiatan itu merupakan apresiasi terhadap konsumen, termasuk menyatukan diri dalam sebuah komunitas atau klub pecinta motor. Kegiatan ini juga dapat menunjukkan sikap loyalitas terhadap sebuah produk. (ang)

Tabel Penjualan Sepeda Motor
Januari                        Februari                Total
2010                501.694 unit               537.031 unit          1.038.725 unit
2009                367.736 unit               414.587 unit             782.323 unit
2008                473.060 unit               464.784 unit             937.844 unit

Sumber : AISI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: