Aangsunu's Blog

Tawaran membeli sepeda motor

Posted by aangsunu on 8 July 2010

Stok sepeda motor di tingkat diler melimpah membuat konsumen dapat memilih membeli motor dengan secara kredit atau pun tunai seperti penelusuran Warta Kota. Hal itu membalikan kondisi beberapa bulan lalu, ketika itu konsumen sempat kesulitan untuk membeli secara  tunai karena diwajibkan untuk membeli secara kredit.
“Sekarang semua jenis motor merek Honda di sini ready stock. Tidak ada inden dan bisa dibeli secara kredit. Penawaran uang muka juga cukup menarik, termasuk ada diskon uang muka. Kalau mau kredit tinggal survei ke rumah dulu. Kalau tunai yang silakan datang sambil membawa persyaratan seperti pada umumnya,” ujar Retno, dari diler Sejati Motor.
Retno mengatakan, untuk pembelian kredit dapat dipilih oleh konsumen, mulai dari 2 tahun hingga 3 tahun. Dengan cicilan mulai Rp 476.000/bulan hingga Rp 508.000/bulan untuk pembelian Honda Fit X. Dia mengatakan, untuk motor jenis skutik terbaru, yakni Honda Beat juga dalam kondisi ready stock. Namun kalau meminta warna tertentu calon pembeli harus menunggu alias inden.
Salah seorang sales diler yang enggan dikutip namanya, beberapa bulan lalu memang ada penolakan untuk pembelian secara tunai ditolak. Hal itu dikarenakan lamanya waktu tunggu atau inden, sehingga diler memutuskan pembelian harus secara kredit. Kecuali membeli dalam jumlah banyak, atau yang membeli motor itu sebuah perusahaan.
“Dulu Yamaha Vixion untuk membeli tunai sulit disetujui. Beli harus kredit. Sekarang sudah tidak lagi karena sekarang ini jumlah stok sedang melimpah karena menurunnya permintaan. Apalagi harganya juga sudah naik beberapa waktu lalu. Dan diperkirakan hingga akhir tahun ini terjadi kelebihan stok. Makanya sekarang membeli secara tunai juga dilakukan,” ujar sales tersebut.
Pembelian kendaraan dapat dilakukan secara tunai juga dibenarkan oleh Christian, dari Vega Motor, diler Yamaha. Dia mengatakan, untuk membeli semua produk Yamaha dapat dibeli secara tunai dan kredit. Termasuk membeli Yamaha Vixion. Motor jenis ini cukup diminati oleh masyarakat, sehingga permintaan cukup banyak. Motor ini hingga saat ini masih inden selama 1 bulan.
“Ya sekarang masih inden hingga 1 bulan. Tetapi dapat dibeli secara tunai. Harga tunai adalah Rp 19 jutaan. Kalau pun kredit dapat dicicil hingga 36 bulan atau 3 tahun. Dengan cicilan setiap bulannya mulai dari Rp 750.000. Uang muka mulai dari Rp 7,5 juta. Di sini juga tidak ada larangan pembelian secara tunai. Itu terserah konsumen saja,” ujar Christian.
Meski stok melimpah, tidak semua diler motor mendapatkan stok yang merata. Seperti yang dirasakan oleh Sejati Motor. Sulaiman, sales di diler itu, mengatakan, seperti Honda Beat tidak semua warna di tempat ini tersedia. Saat ini hanya  tersedia warna hitam. Sedangkan untuk warna lain harus menunggu dulu, paling lama satu pekan untuk mendapatkan warna sesuai dengan pesanannya. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: