Aangsunu's Blog

Varian Bebek Masih Mendominasi

Posted by aangsunu on 8 July 2010

SEPEDA motor jenis bebek atau cub masih mendominasi penjualan hingga saat  ini.  Ini terlihat pemegang merek motor di Indonesia terus menawarkan varian baru atau face lift dari sepeda motor bebek. Meskipun permintaan motor matik atau skutik juga mulai menunjukkan tren peningkatan dalam tiga tahun terakhir ini.
National Sales Manager PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Freddyanto Basuki beberapa waktu lalu mengatakan, sepeda motor jenis bebek masih menjadi andalan dan memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan sepeda motor. Kenyataan itu membuat pemegang merek terus mengembangkan sepeda motor jenis cub ini.
Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Julius Aslan mengatakan, penjualan dari varian cub masih menjadi dominasi seperti yang dimiliki oleh AHM. Dia mengatakan, penjualan bebek mencapai 111.032 unit dari total penjualan yang mencapai 200.000 unit lebih.
“Ibaratnya motor bebek itu merupakan “sembako” dalam penjualan sepeda motor. Permintaan di segmen ini sangat tinggi. Ini yang menjadi fokus bagi semua produsen,” imbuh Freddyanto.
Untuk itulah AHM beberapa kali meluncurkan face lift atau minor change dari motor bebeknya. Begitu juga dengan pesaing terdekatnya, PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI). Di kelas cub Honda masih mengandalkan Honda Blade, Honda Revo, dan Honda Supra X 125.
Sementara Yamaha masih mempertahankan Yamaha Jupiter Z sebagai salah satu andalannya. Sedangkan Kawazaki meluncurkan bebek baru dengan nama Kawazaki Edge. Mengenai harga sepeda motor bebek dari para ATPM itu tidak terpaut jauh dan berada di kisaran harga Rp 12,5 jutaa hingga Rp 16,5 jutaan.
“Honda Revo masih menyumbang terbesar penjualan Honda. Pada bulan Februari penjualan Honda Revo mencapai 84.469 unit. Angka itu melonjak hingga 40 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2009,” kata Julius.
Kawazaki yang baru saja merilis bebek barunya juga memasang target meski tidak sebesar para kompetitornya. Freddyanto mengatakan, Kawazaki Edge sebagai salah satu andalan baru Kawazaki ditargetkan dapat terjual sebanyak 3.000 unit/bulan. Menurutnya, target penjualan itu cukup besar jika membandingkan total penjualan bulanan milik Kawazaki.
Skutik
Penjualan skutik yang terus menunjukkan pertumbuhan dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Untuk segmen ini Yamaha masih mendominasi penjualan karena sudah menjualnya sejak tahun 2003. Sejak diluncurkan kali pertama tahun 2003 total penjualan motor skutiknya telah tembus hingga 3,21 juta unit. Pada tahun 2009 penjualan skutik milik Yamaha mencapai 1,23 juta unit.
Legitnya pasar skutik ini juga dirasakan oleh Honda. Penjualan bulanan skutik Honda bisa melonjak hingga 65 persen. Pada bulan Februari 2010 penjualan skutiknya mencapai 87.133 unit. Angka itu meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun 2009 yang mencapai 52.822 unit. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: