Aangsunu's Blog

Banting Harga di ICS

Posted by aangsunu on 15 July 2010

GELARAN Indonesia Cellular Show (ICS) yang berlangsung sejak Rabu (14/7) hingga Minggu (18/7) dimanfaatkan oleh operator untuk menawarkan paket bundling dengan harga diskon. Seperti yang dilakukan oleh PT Smart Telecom dan PT Mobile-8 Telecom Tbk dengan brand SmartFren, PT Telkom Tbk melalui divisi Flexi, dan PT Bakrie Telecom Tbk.
Group Heat of Product & Device Management Mobile-8 Sukaca Purwokardjono mengatakan, Mobile-8 menawarkan beberapa produk baru seperti telepon seluler (ponsel) Fren Browzer dengan harga Rp 555.000. Sebelumnya ponsel itu dijual dengan harga Rp 799.000.
“Untuk itu Fren telah menyiapkan ponsel itu hingga 5.000 unit ponsel. Apalagi ponsel ini bisa berfungsi juga sebagai modem. Ponsel ini dapat dipasang dua kartu CDMA dan GSM. Harga Rp 555.000 itu hanya berlaku selama pameran ini,” kata Sukaca.
Selain itu, kata Sukaca, Fren juga menyediakan ponsel CDMA dengan harga terjangaku melalui program SmartFren Handphone Ownership Program (SHOP). Program itu adalah penawaran kepemilikan ponsel gratis dengan syarat yang mudah. Melalui program ini pelanggan bisa mendapatkan ponsel gratis, gratis telepon sepuasnya selama masa kontrak, dan mengganti ponsel yang sudah dicicil dengan  yang baru.
“Program ini diharapkan dapat menarik pelanggan untuk menjadi pelanggan paskabayar. Dengan menjadi pelanggan paskabayar dan biaya pemakaian mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 setiap bulannya pelanggan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan ponsel gratis sesuai dengan tipe ponsel,” kata Sukaca.
Sukaca mengatakan, ada dua cara mekanisme pembayaran penggunaan perbulannya, yaitu tagihan tetap dengan total penggunaan 1 tahun dicicil secara tetap setiap bulan dan auto debit dengan pembayaran bulannya melalui auto debity kartu kredit setiap bulannya.   Sementara itu, Smart menawarkan modem dengan harga Rp 99.000 yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 899.000. Division Head of Marketing Multimedia PT Smart Telecom Ruby Hermanto mengatakan, untuk mendapatkan modem dengan harga itu pelanggan berlangganan paket unlimited platinum Rp 140.000 selama enam bulan. Biaya berlangganan itu dibayar dimuka dan berlaku pada modem paskabayar.
Flexi
Divisi Flexi yang dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di ICS meluncurkan terminal ponsel bundling FlexiPortal yang dilengkapi dengan beragam aplikasi menarik untuk menjelajahi dan konten Flexi. Layanan itu ada di satu ponsel bundling, yakni ZTE S618, ZTE X992, dan Hisense C1110 yang dijual mulai dari Rp 499.000
Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G Wiryanata mengatakan, Flexi menyiapkan hingga 300.000 unit ponsel untuk layanan itu. Bila layanan itu mendapatkan respon yang baik dari konsumen jumlah ponsel akan ditambah lagi. Peluncuran itu juga merupakan bagian dari rencana Flexi untuk menggaet jumlah pelanggan hingga 18 juta pelanggan hingga akhir tahun 2010. Saat ini jumlah pelanggan Flexi  telah mencapai 16,2 juta pelanggan.
FlexiPortal, kata Wiryanata, merupakan layanan gabungan antara suara (voice), data, teks, dan gambar (image). Selain aplikasi yang sudah dimiliki Flexi, ada aplikasi baru lainnya. Antara lain  Kaskus, FlexiIklan, FlexiKomunitas, Yellowpages, FlexiBanking, hingga berbagai permainan. Aplikasi itu dapat dinikmati dengan membayar mulai dari Rp 500/minggu dan dapat diakses sepuasnya.
“Selain itu, selama ICS Flexi juga memberikan harga khusus kepada pengungjung. Tidak hanya ponsel FlexiPORTAL yang ditawarkan dengan harga khusus, tetapi ponsel bundling Flexi lainnya dan modem FlexiNet juga didiskon hingga 55 persen,” kata Wiryanata.
Esia
PT Bakrie Telecom Tbk, pemilik merek Esia, juga memperkenalkan ponsel bunding baru berupa Hape Esia Music Chat. Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk Erik Meijer mengatakan, paket bundling ini untuk memudahkan pelanggan Esia mendapatkan lagu secara legal. Untuk itu harga ponsel itu dijual dengan harga Rp 299.000.
“Hape ini memiliki fasilitas seperti media player dan Digital Music Downloader (DMD) Esia Musicbox. Jumlah lagu hingga 10.000 lagu dari dalam dan luar negeri yang dapat dipilih dan diunduh pelanggan. Esia bekerja sama dengan 10 label musik di Indonesia, seperti Musica Studio, Sony Music Indonesia, Warner Music Indonesia, Universal Music Indonesia, Trinity Optima Production, dan Aquarius Musikindo,” kata Erik.
Untuk mengunduh dan menikmati lagu itu cukup berlangganan Rp 1000/hari untuk 30 lagu terbaru. Selama ICS pengunjung juga bisa mencoba layanan internet baru milik Bakrie Telecom layanan AHA Hyperspeed EVDO. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: