Aangsunu's Blog

Gadai BPKB Jadi Alternatif Mencari Dana

Posted by aangsunu on 15 July 2010

PINJAMAN dana tunai cepat dengan jaminan BPKB kendaraan, mobil dan motor, diminati masyarakat seperti pantauan Warta Kota, Selasa (22/12). Pinjaman dana tunai cepat ini sebagai alternatif pilihan selain ke Perum Pegadaian dan bank.
Menurut beberapa marketing perusahaan jasa gadai BPKB, jasa penyedia dana tunai masih banyak dipilih karena proses mendapatkan dana cukup cepat. Bahkan sebagai jaminan atau anggunan cukup menjaminkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Termasuk bunga yang ditawarkan juga kompetitif berbanding dengan bunga bank atau bank perkreditan rakyat (BPR).
Tinggi permintaan itu membuat perusahaan penyedia dana talangan itu bersaing ketat. Ini dapat dilihat dari papan atau pamflet yang dipasang di sekitar perumahan. Bahkan perusahaan itu juga memasang iklan di koran-koran. Termasuk saingan dalam penawaran bunga pinjaman. Dari penelusuran rata-rata bunga yang ditawarkan oleh perusahaan itu adalah tujuh sampai 13 persen/tahun.
“Permintaan atau pengajuan dana tunai sepertinya tidak berkurang. Setiap hari ada yang telepon untuk bertanya. Dalam sepekan paling tidak ada dua nasabah yang mendapatkan dana talangan itu. Ini diminati karena proses kami termasuk cepat dibandingkan dengan bank,” kata Listiyanto, Marketing Prima Cash.
Tina, Marketing Liberty Autocash, mengatakan, perusahan jasa keuangan sekarang ini menjadi pilihan masyarakat yang ingin mencari dana pinjaman tanpa harus repot. Selama ini meminjam uang ke bank repot dan proses berbelit-belit. Meskipun ada perusahaan jasa keuangan yang juga memberikan kemudahan seperti Perum Pegadaian.
“Kami memberikan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman. Cukup menjaminkan BPKB, dan bisa cair. BPKB yang dapat digadaikan adalah BPKB mobil minimal tahun 1998. Tahun itu mempengaruhi jumlah pinjaman. Kalau tahun 1998 masih bisa meminjam hingga Rp 30 juta dengan bunga 12 persen,” ujar Tina.
Seorang marketing yang enggan disebut namanya mengatakan, tawaran bunga rendah itu hanya bahasa marketing saja untuk menarik konsumen. Menurutnya, bunga pinjaman rata-rata dalam satu tahun berkisar 10 persen sampai 12 persen. Itupun di bawah 12 persen sangat jarang. Apalagi jasa keuangan juga mendapatkan dana dari pihak ketiga, seperti perbankan.
“Perusahaan jasa keuangan ini mendapatkan dana dari pihak ketiga. Umumnya dari bank. Makanya tidak mungkin memberikan bunga pinjaman di bawah bunga bank yang menjadi mitranya. Tetapi perusahaan jasa keuangan hanya memberikan kemudahan dalam proses mencari pinjaman,” ujarnya.
Listiyanto dan Tina mengatakan, selama ini sangat sedikit nasabah yang gagal membayar. Mereka mengaku, para peminjam itu masih dapat membayar pinjaman tepat waktu. Nasabah yang meminjam uang itu banyak digunakan untuk modal usaha dengan jangka waktu selama tiga tahun.
Bagaimana dengan sertifikat tanah? Kedua tenaga marketing itu mengatakan, belum bisa memberikan pinjaman dengan menjaminkan sertifikat tanah. Alasannya untuk sertifikat rumah ketika terjadi masalah atau gagal bayar akan sulit menjual tanah yang dijadikan jaminan. Itu berbeda dengan jaminan BPKB mobil, ketika gagal bayar menjual mobil masih lebih mudah dibandingkan menjual tanah. (ang)

Syarat meminjam
* BPKB asli
* Foto kopi KTP
* Foto kopi kartu keluarga
* Rekening tabungan
* Bukti pelunasan PBB
* Slip gaji (karyawan)
* Rekening koran (wiraswasta)

5 Responses to “Gadai BPKB Jadi Alternatif Mencari Dana”

  1. Nice post. I was checking continuously this weblog andd
    I’m impressed! Extremely useful info particularly the closing section🙂
    Ihandle such info much. I used to be looking for this particular info for a long time.
    Thanks and good luck.

  2. My brother suggested I may like this website.

    He used to be totally right. This publish actually made my
    day. You cann’t imagine just how a lot time I had spent for this information! Thanks!

  3. Do you mind if I quote a few of your posts as long
    as I provide credit and sources back to your website?
    My website is in the exact same area of interest as yours and my visitors
    would definitely benefit from some of the information you provide here.
    Please let me know if this alright with you. Many
    thanks!

  4. gadai bpkb mobil

    Gadai BPKB Jadi Alternatif Mencari Dana « Aangsunu's Blog

  5. simulasi kredit

    Gadai BPKB Jadi Alternatif Mencari Dana « Aangsunu's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: