Aangsunu's Blog

Jasa Warnet Coba Bertahan

Posted by aangsunu on 15 July 2010

BISNIS  jasa persewaan internet atau warnet masih dibutuhkan oleh pengguna internet di tengah maraknya penawaran layanan internet wireless dari operator telepon seluler seperti pantauan Warta Kota, Selasa (12/1).
Bahkan perusahaan jasa internet atau internet service provider (ISP) juga marak menawarkan layanan internet ke rumah-rumah. Baik yang melalui jaringan kabel atau nirkabel dengan harga yang bervariasi. Termasuk juga penawaran internet gratis oleh rumah makan atau kafe yang menawarkan layanan WiFi gratis.
Menurut beberapa pengelola warung internet, usaha ini masih bertahan karena masih adanya kebutuhan pengguna internet dengan harga yang relatif terjangkau tanpa harus mengeluarkan biaya berlangganan. Meski dibutuhkan omzet warnet sudah jauh menurun karena persaiangan sesama warnet atau tawaran internet nirkabel semakin marak.
“Harga sewa tidak mungkin naik dan lebih dari Rp 4.000/jam. Lebih dari itu tidak akan laku. Sementara internet melalui telepon juga marak. Ada yang menawarkan Rp 100.000/bulan, ada yang menawarkan Rp 50.000 untuk pemakaian sekitar 50 MB. Meskipun tingkat kestabilan koneksinya internet wireless sering tidak stabil,” ujar Siana, pengelola warnet di kawasan Kemanggisan.
Sekarang ini, kata Darto, pengelola warnet di kawasan Kebayoran Lama, mengatakan, kalau hanya mengandalkan warnet sulit untuk bertahan. Warnet saat ini harus dikombinasi dengan layanan game online. Dengan adanya layanan permainan online itu cukup membantu pemasukan dibandingkan hanya mengandalkan persewaan internet saja.
“Makanya untuk dapat bersaing kami juga mencari perusahaan yang dapat memberikan kecepatan yang cukup baik. Kalau kecepatan lambat dipastikan bakal ditinggal oleh konsumen. Sementara warnet juga terus melakukan investasi untuk peremajaan komputer yang membutuhkan dana cukup banyak,” kata Darto.
Siana dan Darto mengatakan, penawaran layanan game online ini bisa menutupi karena rata-rata pemakai internet untuk permainan lebih dari empat jam. Saat ini pemakai game online cukup banyak. Selain game online, warnet juga menawarkan layanan print atau cetak sebagai pelengkap sehingga modal untuk berusaha masih berputar. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: