Aangsunu's Blog

Mencari Sanitari Seken di Manggarai

Posted by aangsunu on 15 July 2010

BERBURU perangkat sanitari seken bisa mendatangi kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Di tempat itu dengan mudah mencari berbagai model sanitari seken seperti pantauan Warta Kota, Selasa (20/10).
Untuk menemukan para pedagang sanitari seken tidaklah sulit. Saat menuju ke Pasar Rumput, di sisi kiri dengan mudah terlihat puluhan sanitari yang dipajang. Bahkan tidak sedikit para pedagang atau karyawan sedang membersihkan sanitari seken yang akan dijual kembali. Mulai dari kloset, wastafel, bathtub, wastafel alumunium, hingga shower mudah dicari di kawasan itu.
Menurut para pedagang di tempat itu, perangkat sanitari yang dijual tersebut tidak sembarang atau asal jual. Namun para pedagang tetap memilih atau menyeleksi perangkat sanitari yang akan dibeli sebelum dijual kembali. Mereka enggan untuk mengambil atau membeli sanitari yang sudah dalam keadaan rusak parah. Para pedagang mencari perangkat sanitary yang masuk dalam kategori 99 persen.
“Jadi kami tidak sembarang menjual sanitari. Minimal hanya ada yang bompel sedikit kami masih terima. Kalau banyak yang retak atau pecah tidak akan saya jual lagi. Kami hanya menerima dalam kondisi 99 persen. Maka kami mencari sanitari dari orang yang mau bongkar rumah atau renovasi rumah. Jadi tidak sembarang mencari atau membelinya. Kami tetap berikan hasil yang bagus kepada pembeli,” ujar Budi saat ditemui sedang membersihkan sebuah wastafel alumunium.
Seorang pedagang mengatakan, meski barang yang dijual itu seken tetap memperhatikan kualitas dari perangkat sanitari. Untuk itu dia enggan untuk menerima sanitari yang sudah dalam keadaan rusak hingga 80 persen. Dia beralasan bukan karena susah memperbaiki, tetapi kualitas juga akan berkurang. Meski sudah ditambal secara khusus. Untuk memperoleh barang dagangannya itu mempunyai beberapa karyawan yang khusus mencari sanitari seken.
“Tetapi juga ada yang menghubungi ke saya. Kalau kondisi masih bagus dan harga cocok dibeli. Sampai di sini dibersihkan kembali dengan cairan khusus. Kita gosok secara detail baru kami jual kembali. Jadi sanitari di sini bisa dikataka sebagai alternatif membeli sanitari. Daripada membeli baru, lebih baik cari seken. Berbagai model dapat dicari. Mengenai harga juga bisa dinegosiasi,” ujar pedagang itu.
Soal harga jual juga dapat dipilih. Misalnya wastafel seken dijual mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Harga itu jauh lebih murah dibandingkan membeli baru yang dijual paling murah sekitar Rp 300.000. Begitu juga dengan kloset juga dibandrol mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 500.000. Sedangkan harga baru dijual mulai dari Rp 1,2 jutaan. Wastafel alumunium juga dibandrol mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 195.000.
Meski harga jual lebih murah, para pedagang di tempat itu mengaku omzet pada saat ini sedang menurun. Menurut para pedagang omzet para pedagang sedang menurun hingga 30 persen. Mereka juga tidak mengerti mengapa penjualan pada saat ini sedang sepi dan menurun.
“Saat ini sedang menurun. Sudah beberapa bulan penjualan mengalami penurunan sehingga berpengaruh pada omzet. Kalau dilihat dari suasana, kawasan ini juga selalu ramai. Namun saat ini calon pembeli sulit untuk mendapatkan atau mencari parkir. Apalagi sejak busway berlaku di kawasan ini,” ujar Amir. (ang)

2 Responses to “Mencari Sanitari Seken di Manggarai”

  1. yanti lesmana said

    ina formasi ini membantu saya. Karena saya sdg mencari tutup closet merk toto yg jadul warna maron. Saya akan cari disana. Tx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: