Aangsunu's Blog

Porsche Rp 3 Miliar Hadir di Indonesia

Posted by aangsunu on 15 July 2010

MEREK Porsche yang sudah tidak asing di Indonesia membuat PT Eurokars Artha Utama, agen tunggal pemegang merek (ATPM) Porsche di Indonesia, untuk membawa varian Porsche terbaru ke Indonesia, yakni Porsche Panamera. Mobil ini diperkenalkan ke publik pada hari Jumat (21/10) di Jakarta.
Debut mobil itu muncul di Jerman di bulan Agustus 2009 dan secara perlahan diperkenalkan ke negara lain. Termasuk ke wilayah Asia Pasifik yang di dalamnya Indonesia juga menjadi negara tujuan penjualan mobil ini. Apalagi varian ini sedikit berbeda dari varian lainnya yang merupakan turunan dari Porsche 911.
Porsche Panamera yang sudah dilengkapi dengan sistem kopling ganda atau Porsche-Doppelkupplungsgetriebe (PDK) di Indonesia belum ditentukan harga jualnya. Vice President Sales Marketing PT Eurokars Artha Utama Yudy W Widodo mengatakan, pihaknya masih menghitung harga jual mobil tersebut.
“Kami masih menghitung harga jual mobil tersebut. Bahkan mobil yang kami bawa dan pamerkan untuk launching masih pinjaman. Pasalnya, Prosche Panamera yang akan dijual di Indonesia baru diproduksi pada bulan November 2009. Jadi kami belum bisa memberikan harga jualnya. Namun sebagai gambaran mobil ini di Jerman untuk Porsche Panamera tipe S dijual dengan harga 85.000 Euro atau sekitar Rp 1,2 miliar (1 Euro setara dengan Rp 14.525),” ujar Yudy.
Dari data lain yang diperoleh Warta Kota, Porsche Panamera yang ditawarkan di Singapura terdiri dari tiga varian. Ketiga varian itu adalah tipe turbo, 4S, dan S. Ketiga varian itu kabarnya juga akan dijual di Indonesia. Mengenai harga jual di Singapura Porsche Panamera tipe Turbo dibandrol dengan harga 535.888 dolar AS atau Rp 5,037 miliar (dengan kurs 1 dolar AS = Rp 9.400), tipe 4S dibandrol dengan harga 438.888 dolar AS atau Rp 4,12 miliar, dan tipe S yang dijual dengan harga 421.888 dolar AS yang setara dengan Rp 3,96 miliar.
Apakah harga jual di Indonesia tidak jauh berbeda dengan Singapura? CEO PT Eurokars Artha Utama Hebert Kwee mengatakan, pihaknya masih membicarakan mengenai harga jual di Indonesia. Pasalnya, mobil itu mempunyai berbagai optional yang dapat dipasang. Pihak Eurokars Artha Utama masih membicara mengenai optional yang cocok untuk pasar Indonesia.
Termasuk pihak ATPM juga belum mau menyebutkan target penjualan mobil itu di Indonesia. Meskipun pihak Porsche menargetkan penjualan mobil itu secara global mencapai 20.000 unit/tahun. Yudy mengatakan, belum ada kepastian harga jual mobil itu membuat ATPM juga menentukan uang muka untuk pembelian Porsche Panamera. Dia hanya menyebutkan, sudah ada beberapa konsumen yang sudah memberikan tanda jadi untuk pembelian mobil itu. Namun tanda jadi itu bukanlah sebagai uang muka hanya sebagai bukti pemesanan.
“Sudah ada yang memberikan tanda jadi sebagai bukti untuk memesan mobil itu. Apalagi mobil ini yang akan dijual di Indonesia baru diproduksi di bulan November 2009. Proses produksi itu butuh waktu sekitar 1 bulan. Setelah proses pengiriman yang membutuhkan waktu sekitar tiga minggu. Diharapkan mobil itu dapat datang ke Indonesia pada kuartal I/2010. Maka ada rentang waktu untuk mengirim mobil itu ke Indonesia,” ujar Yudy.
Tampilan mobil ini juga berbeda meski masih satu turunan dari varian sebelumnya, Porsche Carera 911. Mobil ini mempunyai tampilan dengan empat pintu dan tersedia ruang bagasi yang cukup lebar. Ruang bagasi dalam keadaan normal dapat menampung bagasi hingga 445 liter dan kapasitas bagasi itu dapat bertambah jika jok belakang dilipat membuat kapasitas bagasi bertambah menjadi 1.263 liter.
Mobil ini mengusung mesin sebesar 4.800 cc dan dapat menghasilkan tenaga hingga 400 horse power (HP). Dengan tenaga sebesar itu memungkinkan mobil melesat hingga 100 km/jam dari keadaan berhenti dalam waktu 4 detik. Porsche Panamera itu mempunyai berbagai fitur, salah satunya adalah fitur auto stop start. Fitur itu memungkinkan mesin kendaraan dapat mati ketika mobil berhenti dalam waktu cukup lama. Mesin itu akan mati ketika pedal rem terus diinjak. Ketika pedal rem dilepas mesin kembali hidup. Misalnya fitur itu dapat digunakan ketika mobil berhenti saat lampu lalu lintas menyala merah. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: