Aangsunu's Blog

Pusat Mebel Pondokbambu Masih Jadi Pilihan

Posted by aangsunu on 15 July 2010

MENCARI mebel atau furniture di Jalan Pahlawan Revolusi, Jakarta Timur bisa menjadi pilihan. Di tempat itu merupakan salah satu pusat mebel di Jakarta. Baik untuk pemakai langsung atau pedagang mebel di kawasan lain di Jakarta, seperti pantauan Warta Kota, Selasa (13/10).
Di sepanjang jalan itu dengan mudah ditemui puluhan toko mebel. Beraneka model mebel dapat ditemui di toko-toko itu. Mulai dari satu set meja tamu, meja makan, tempat tidur, dan beraneka ukuran serta model lemari. Bahkan, para pengelola atau pemilik jasa penyalur tenaga kerja (TKI) juga memesan tempat tidur susun di kawasan itu.
“Pemesanan tempat tidur susun untuk mess atau penginapan calon TKI cukup banyak di sini. Di tempat saya bekerja, pemesanan tempat tidur susun cukup banyak. Mereka adalah pelanggan-pelanggan yang sudah lama belanja di sini. Seperti sekerang ini sebenarnya banyak yang pesan, namun belum semuanya dapat terpenuhi karena terbatas tenaga kerja,” ujar Ading.
Ading mengatakan, sekarang ini penjualan furniture atau mebel di kawasan itu masih cukup lumayan. Namun dibandingkan beberapa tahun lalu, sedikit ada penurunan. Dia mencontohkan, ketika hari raya Lebaran tahun 2007 penjualannya cukup banyak dibandingkan tahun 2008. Sedangkan hari raya Lebaran lalu cukup baik, meski masih jauh dibandingkan tahun 2007.  Akan tetapi, ketika bulan-bulan orang akan melakukan pernikahan order mebel cukup lumayan.
“Memang ada bulan-bulan tertentu penjualan stabil. Di saat bulan orang akan melangsungkan pernikahan cukup banyak order mebel. Tetapi paling tidak dalam satu atau dua hari masih bisa menjual satu atau dua model mebel. Soal harga pun tidak banyak berubah. Memang ada kenaikan tetapi kenaikannya juga tidak terlalu banyak atau besar,” ujar Ading.
Seorang pemilik toko mebel di tempat itu mengatakan, kondisi penjualan saat ini relatif stabil. Pedagang yang sudah belasan tahun berjualan di tempat itu mengatakan, yang beli atau belanja mebel tetap ada dalam sepekan. Para calon pembeli tidak hanya datang pada akhir pekan saja, namun pada hari biasa juga ada yang datang. Meski terbanyak datang pada akhir pekan.
“Mebel yang dijual di kawasan itu masih menjadi pusat kulakan tempat mebel lain di wilayah Jakarta. Maka harga mebel yang dijual di kawasan ini jauh lebih murah dibandingkan di tempat lain. Termasuk tempat mebel yang dijual di dekat Pulogadung yang jaraknya tidak jauh dari Pondokbambu itu. Di sini masih jadi patokan,” ujar pedagang tersebut.
Pedagang mebel di tempat lain juga membeli borongan di sini. Dia mengatakan, untuk mencari harga yang sesungguhnya memang lebih enak datang ke Pondokbambu. Selisih harga yang ditawarkan antara pedagang di Pondokbambu dengan pedagang di tempat lain bisa selisih mulai dari Rp 500.000.
“Di sini juga melayani pengantaran mebel atau furniture yang dibeli. Tentu pengiriman itu ada biaya tambahan lagi. Biaya pengiriman itu masih bersifat fleksibel. Jadi terserah dari pembelinya, mau bawa sendiri atau diantar. Hampir semua wilayah di sekitar Jakarta dapat dilayani,” imbuh Ading. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: