Aangsunu's Blog

Bursa Karpet di Jalan Basuki Rahmat

Posted by aangsunu on 16 July 2010

BERBURU karpet dengan harga terjangkau bisa menyambangi para pedagang kaki lima yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur. Di jalan itu terdapat belasan pedagang karpet kaki lima dengan penanda karpet yang dibentangkan di atas meja atau digantung menggunakan bambu seperti pantauan Warta Kota, Selasa (27/10).
Berbagai ukuran dan motif karpet dapat ditemui di para pedagang itu. Jika ukuran yang tidak tersedia dalam contoh, para pedagang karpet itu dapat mencari sesuai dengan ukuran yang diminta. Bahkan untuk memudahkan calon pembeli tersedia contoh karpet dalam bentuk foto.
Ukuran karpet yang dijual mulai dari ukuran 80 cm x 150 cm hingga ukuran 240 cm x 330 cm. Sedangkan motif yang ditawarkan oleh para pedagang mulai dari motif kotak-kotak hingga bergambar hewan seperti macan dan panda. Mengenai harga para pedagang mengaku harga jual karpet itu masih ditawar.
Jayani, pedagang karpet, mengatakan, penjualan karpet di tempat itu cukup lumayan karena lokasinya yang cukup ramai dilalui kendaraan. Dia mengatakan, awalnya usaha ini mulai berjalan sebelum bulan Ramadan lalu. Sebelumnya, para pedagang karpet banyak berjualan di sekitar Pasar Gembrong.
“Penjualan cukup lumayan. Bila akhir pekan bisa menjual hingga lima karpet. Kalau hari biasa kurang dari lima karpet. Namun kalau sedang sepi, paling tidak bisa menjual sebanyak satu karpet. Sebelum Ramadan hingga menjelang hari raya Lebaran lalu cukup lumayan penjualannya,” ujar Jayani.
Meski jumlah pedagang karpet di kawasan cukup banyak Jayani mengaku bukan sebagai persaingan. Menurut mereka justru keberadaan para pedagang itu bisa saling melengkapi untuk menutup kekurangan dalam target penjualan. Termasuk bisa mengalihkan jika pedagang tidak mempunyai stok.
“Kalau dilihat jarak antar pedagang tidak berjauhan. Saling berdekatan. Kami sesama pedagang juga saling membantu. Misalnya mengenai contoh bisa melihat ke pedagang lain. Jadi bukanlah persaingan tetapi melengkapi,” ujar Jayani.
Soal harga, kata Jayani, harga yang ditawarkan oleh pedagang itu bukanlah harga mati. Harga masih bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen asalkan ditawar dengan harga wajar. Dia mengaku, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal dibandingkan dengan di toko-toko.
Hal itu juga dibenarkan oleh beberapa pedagang lainnya yang berada di sekitar Jayani. Mereka menambahkan, harga yang ditawarkan masih sangat terjangkau dibandingkan harus berbelanja di toko. Apalagi model yang ditawarkan juga beragam sehingga memudahkan calon pembeli untuk memilih karpet.
“Model yang ditawarkan beragam. Tinggal disesuaikan dengan selera. Termasuk ukuran karpet juga dapat dipilih. Kalau yang dipajang tidak ada, kami bisa memperlihatkan contoh dalam bentuk foto. Pengambilan juga tidak lama. Tidak sampai 30 menit karpet yang diinginkan langsung diberi,” imbuh Amir.
Harga yang ditawarkan untuk ukuran 80 cm x 150 cm adalah Rp 175.000, ukuran 120 cm x 160 cm dibandrol dengan harga Rp 375.000, dan ukuran 240 cm x 330 cm dijual dengan harga Rp 1,2 juta. Menurut para pedagang ukuran yang banyak dicari adalah ukuran 80 cm x 150 cm dan ukuran 170 cm x 230 cm. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: