Aangsunu's Blog

Jasa Pengetikan Masih Dibutuhkan

Posted by aangsunu on 16 July 2010

USAHA jasa pengetikan komputer masih dapat bertahan meski komputer dan laptop semakin mudah diperoleh seperti pantauan Warta Kota akhir pekan lalu di kawasan Grogol dan Rawamangun. Menurut para pemilik usaha jasa pengetikan, usaha ini masih dibutuhkan karena banyak orang seperti mahasiswa mencari praktis, mudah, dan cepat.
“Usaha ini memang tidak ramai seperti beberapa tahun lalu ketika komputer masih dianggap mahal. Sekarang ini tidak hanya komputer yang semakin murah, tetapi laptop juga semakin murah. Jasa seperti kami ini dimanfaatkan untuk mengetik skripsi. Dari jasa ini kami merapikan pengetikan yang akan dijadikan skripsi. Namun saat ini kalau hanya mengandalkan jasa pengetikan sudah sangat sulit. Kami juga melayani jasa cetak atau print dan rental komputer,” ujar Malik,  pemilik rental komputer di kawasan Grogol, Jakarta Barat.
Malik mengatakan, saat ini rental komputer dan jasa pengetikan juga bersaing dengan warung internet (warnet). Menurutnya, warnet tidak hanya sekedar menyewakan jasa internet tetapi juga bisa memanfaatkan jasa pengetikan.
Suasana serupa juga dikatakan oleh Irvan Mulyadi pemilik rental komputer di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur. Menurut Irvan, usaha ini masih dapat karena lokasinya tidak jauh dari kampus. Dia mengatakan, memang usaha yang dijalaninya ini mengalami pasang surut. Tetapi tidak sampai mengalami penurunan yang drastis karena jasa pengetikan dan rental komputer masih dicari.
“Kalau lagi sepi yang paling ada order pengetikan tidak lebih dari 6 order dalam sehari. Order itu merupakan pengetikan skripsi. Biasanya kalau ada mahasiswa yang sedang mengejar jadwal skripsi agar cepat selesai bisa ramai. Untuk menutupi, di sini juga melayani penyewaan komputer. Jadi mereka mengetik sendiri, nanti kalau membutuhkan merapikan hasil mengetiknya, kami bisa bantu. Termasuk menerima jasa untuk print atau cetak saja,” kata Saleh.
Mengenai harga jasa pengetikan, Irvan dan Malik mengungkapkan, harganya tidak mungkin mahal. Karena segmen atau konsumen yang dimiliki didominasi dari kalangan mahasiswa atau pelajar. Mereka mengatakan, satu lembar dikenakan biaya hanya Rp 2.500 – Rp 3.000/lembar. Tetapi kalau membutuhkan waktu cepat atau pelayanan khusus bisa dilakukan dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu Rp 4.000/lembar. Jasa itu sudah termasuk mencetak atau print.
Mereka mengatakan, meski biaya yang ditawarkan tergolong terjangkau tidak mau mengejar jumlah order. Saat order sedang banyak dan tidak mungkin dapat dikerjakan akan menolak. mengatakan, lonjakan order itu tidak bisa ditebak atau ditentukan. Biasanya order melonjak saat banyak permintaan untuk jasa pengetikan skripsi.
“Meski di sini ada beberapa komputer bukan berarti bisa menerima order banyak. Komputer yang lain untuk disewakan lagi. Kalau semua digarap sendiri tidak mungkin. Usaha ini merupakan jasa, jadi pelayanan. Kalau mereka mau mengetik sendiri, bisa saja dengan menyewa di sini. Rental komputer bisa memberikan masukan tambahan,” ujar Irvan.
Bahkan di salah satu Jalan Salemba dengan Pramuka juga terdapat puluhan jasa pengetikan yang sampai saat ini masih terus bertahan. Namun di tempat itu tidak saja menerima jasa pengetikan tetapi juga menerima order untuk mencetak kartu nama atau kartu undangan. (ang)

One Response to “Jasa Pengetikan Masih Dibutuhkan”

  1. doniananda said

    Gimana sich membuat pembukuan laba / rugi untuk usaha rental komputer ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: