Aangsunu's Blog

Kardus Bekas Tetap Eksis

Posted by aangsunu on 16 July 2010

SULIT mencari kardus bekas untuk menyimpan atau membawa barang pindahan? Coba tengok ke kawasan Tanahabang, Jakarta Pusat. Mulai dari Jalan Wahid Hasyim hingga sekitar Pasar Tanahabang dengan mudah mencari pedagang kardus dengan beraneka ukuran.
Tumpukan kardus sebagai penanda kalau kardus itu dijual. Panasnya cuaca pada Selasa (28/7) tidak menyurutkan semangat para pedagang kardus untuk menunggu pembeli. Hanya bermodalkan payung atau berlindung dibalik tumpukan kardus yang dijual para pedagang sabar menunggu pembeli datang.
Kardus yang ditawarkan itu beraneka ukuran. Mulai dari ukuran kardus bekas mi instan hingga ukuran kulkas dua pintu. Menurut para pedagang, aneka ukuran itu dapat dicari sesuai dengan keinginan pembeli. Mereka mengatakan, kardus yang dipajang itu hanya sebagian dari stok yang dimiliki oleh pedagang.
“Ya jualan ini mesti sabar dan betah menunggu. Meski banyak pedagang di sini juga mempunyai pelanggan tersendiri. Para pelanggan itu biasa datang belanja beberapa bulan sekali. Biasanya untuk mengepak surat-surat atau kumpulan dokumen. Jadi pelanggan di sini juga banyak dari kantor atau perusahaan,” ujar Eko, pedagang kardus.
Dia menambahkan, selain perusahaan, pelanggan perorangan juga ada yang datang mencari kardus bekas. Para pembeli itu tidak hanya dari sekitar Tanahabang saja. Namun dari kawasan pinggiran Jakarta juga kerap datang ke kawasan Tanahabang untuk membeli kardus bekas.
Seorang pedagang kardus mengaku, meski penjualan kardus bekas tidak menentu masih bisa diharapkan. Bagi pedagang yang sudah berjualan selama lima tahun itu mengaku mempunyai pelanggan tetap dari berbagai kantor. Dia mengatakan, perusahaan atau kantor datang belanja kardus bisa dalam jumlah banyak. Paling tidak belanja kardus bisa lebih dari 50 kardus.
“Memang belanja sebanyak itu tidak tiap hari atau setiap bulan. Paling tidak dua atau tiga bulan sekali pasti datang. Untuk sehari-hari mengandalkan jualan secara eceran. Paling satu hari bisa menjual lima hingga 10 kardus. Terkadang jumlahnya tidak sebanyak itu. Tetapi yang pasti antar pedagang di sini saling melengkapi,” ujar pedagang itu.
Soal harga jual, para pedagang di tempat itu mengatakan, tergantung dari ukuran kardus yang dibeli oleh konsumen. Mereka mengatakan, harga kardus bekas di tempat itu dijual mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 35.000. Untuk ukuran kecil seperti bekas kardus mi instan dijual denga harga Rp 3.000. Sedangkan untuk ukuran besar, seperti bekas kardus televisi ukuran 29 inci dibandrol sekitar Rp 35.000. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: