Aangsunu's Blog

Telepon di Pesawat Rp 55.000/menit

Posted by aangsunu on 16 July 2010

OPERATOR telepon seluler (ponsel) PT Indosat Tbk bekerja sama dengan operator seluler untuk penerbangan asal Inggris, AeroMobile Limited. Kerja sama itu memungkinkan pelanggan Matrik, produk Indosat, untuk berkomunikasi saat melakukan penerbangan internasional dengan tarif bicara Rp 55.000/menit.
Kerja sama itu dinyatakan dalam penandatangan MoU antara Direktur Utama PT Indosat Tbk, Johnny Swandi Sjam dan Stein Gudbjorgsrud Director of Regulatory Affairs AeroMobile, di kantor Indosat, Selasa (21/7). Dalam kerja sama itu menyebutkan layanan berkomunikasi di pesawat terbang hanya bisa dilakukan dalam penerbangan internasional dengan maskapai penerbangan Malaysian Airlines dan Emirates Airlines.
Chief Marketing Officer Indosat, Guntur Siboro mengatakan, untuk sementara layanan ini baru dapat digunakan oleh pelanggan pascabayar melalui produk Matrix. Saat ini pelanggan Matrix lebih dari 1 juta pelanggan. Namun Indosat tidak melakukan pendataan secara pasti pelanggan Matrix itu yang melakukan perjalanan ke luar negeri.
“Termasuk layanan ini baru untuk penerbangan internasional dan maskapai dari luar. Mungkin bisa saja layanan ini dikembangkan untuk penerbangan di dalam negeri. Untuk melakukan komunikasi di pesawat terdiri dari bicara, SMS, dan akses GPRS. Untuk bicara dikenakan biaya Rp 55.000/menit, SMS Rp 13.000/SMS, dan akses GRPS Rp 350/Kbps,” ujar Guntur.
Stein mengatakan, layanan ini baru dapat digunakan ketika pesawat sudah berada di ketinggian di atas 5.000 meter. Ketika pesawat akan terbang atau mendarat, layanan itu tidak dapat dijalankan. Setelah mencapai ketinggian itu penumpang akan mendapatkan informasi bahwa ponsel dapat digunakan. Namun saat ponsel itu berfungsi tanpa ada nada dering. Nada dering harus dirubah dalam getar atau off karena menyangkut masalah etika dan tidak mengganggu penumpang lain.
Meski tarifnya mahal Indosat optimis 10.000 pelanggannya akan menggunakan layanan itu. AeroMobile mengatakan, layanan ini belum semua diaplikasi di semua model pesawat. Pesawat yang sudah dapat menjalankan aplikasi layanan yang mempunyai investasi hingga 250.000 dolar AS itu adalah Airbus 330 – 200, Airbus 330 – 300, Airbus 340 – 300, Airbus 340 – 500, Boeing 777 – 200, dan Boeing 777 – 300. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: