Aangsunu's Blog

Hmm… Empuk Daging Sup Betawi di RM Berkah

Posted by aangsunu on 17 July 2010

sumber : wartakota

KULINER khas Betawi satu ini memang tidak ada matinya. Kuahnya yang bening dengan isi potongan daging yang cukup besar tapi terasa empuk dan gurih. Anda wajib mencobanya karena sup betawi ini merupakan warisan resep turun temurun.

Rumah Makan Berkah tampilannya sederhana, lokasinya pun tidak menghadap jalan raya. Namun jangan kaget bila berkunjung ke sini pada jam makan siang di hari kerja, jangan harap akan mendapat tempat duduk dengan cepat. Kalau mau sabar, harus rela menanti sambil berdiri.

Rumah makan ini telah mendapat tempat di hati para penggemarnya. Mereka bahkan tidak peduli meski harus duduk berdesak-desakan demi mencicipi kelezatan sup berkuah bening ini.

Kaldu sup ini memang benar-benar terasa dagingnya. Kaldunya menggunakan rebusan daging, tidak menggunakan tambahan bagian lain dari sapi, seperti tulang atau tetelan.

“Kami menggunakan daging sengkel atau has dalam. Dan semaksimal mungkin tidak menyertakan lemak, supaya kuahnya menjadi bening dan bersih,” tutur H Rohis Adiwidjaya, pemilik RM Berkah.

Kelezatan sup ini begitu terasa, selain bumbu-bumbunya, terutama juga karena memakai kaldu murni. Karena bagian sengkel ini berurat, daging direbus selama enam jam agar benar-benar empuk.

Pada saat perebusan pertama direbus selama empat jam, itu pun sudah setengah empuk. Lalu pada perebusan kedua dengan api kecil, direbus kembali selama dua jam sampai empuk betul.

Pada saat perebusan pertama, kata Rohis, kuahnya sudah terasa gurih. Apalagi ditambah dengan perebusan yang kedua.

Pada saat perebusan pertama sudah dibumbui dengan jahe, merica, bawang putih sehingga menambah wangi kaldunya. Dan supaya tidak lengket saat dimakan, harus rajin membuang buih-buih kaldu daging yang muncul di permukaan saat melakukan perebusan.

Keempukan daging sup ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kita tidak perlu bekerja keras untuk mengigit potongan daging dalam sup itu. Porsinya juga sangat besar.

Dalam satu mangkuk, terdapat enam potong daging yang besar-besar. Mungkin kalau ditimbang beratnya bisa mencapai dua ons. Porsi besar ini cukup mengenyangkan untuk dimakan berdua.

Sup Berkah dijamin selalu dibuat baru karena memang habis setiap hari. Sup dengan porsi besar harganya Rp 30.000, sedangkan porsi kecil Rp 25.000.

Selain sup daging, menu lain yang layak dicoba adalah sup ayam. Menu lainnya sebagai teman makan sup, ada tahu, tempe, perkedel kentang, dan kerupuk. Ada juga pepes ikan mas. (Dian Anditya Mutiara)

Rumah Makan Berkah

Jalan Jeruk Purut No. 22
(Sebelah Gedung Perkantoran Ratu Prabu I)
Cilandak, Jakarta Selatan
Telepon: 7815652
Buka: setiap hari jam 08.00-20.00

2 Responses to “Hmm… Empuk Daging Sup Betawi di RM Berkah”

  1. jadi laper,,,,klo ke jkt mau akh…makasih infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: