Aangsunu's Blog

Mencoba Jaringan Internet Mobile Telkomsel, Indosat, dan XL

Posted by aangsunu on 18 July 2010

TREN berkomunikasi secara bergerak (mobile) kini adalah data. Sejumlah operator mengaku angka kenaikan komunikasi data terus meningkat. Sejumlah paket layanan data pun ditawarkan sedemikian rupa dan aneka pilihan. Dari sisi teknologi juga terus dikembangkan, hingga kini Indosat memiliki koneksi data berkecepatan tinggi HSPA+ Release 8 dengan kecepatan maksimal 42 Mbps dan Telkomsel dengan HSPA+ Release 7 dengan kecepatan maksimal 21 Mbps.
Edisi Seluler kali ini mencoba menjajal layanan data yang ditawarkan oleh operator GSM dengan pilihan paket terjangkau dan bisa digunakan dengan perangkat mobile (ponsel dan netbook), dan komputer. Tiga layanan data yang dipakai adalah dari operator Telkomsel, Indosat, dan XL. Untuk pengetesan ini menggunakan netbook, dan modem menggunakan USB modem.
Paket data Telkomsel yang digunakan adalah paket prabayar Simpati dengan menggunakan kartu perdana flash unlimited (selanjutnya disebut Telkomsel). Harga paket yang dipilih adalah Rp 100.000/30 hari dengan kecepatan maksimal 384 Kbps. Paket unlimited ini memiliki batas pemakaian wajar (for usage) sebesar 500 MB. Jika habis kuota, kecepatan akan turun dengan kecepatan maksimal 64 Kbps, sampai masa aktif paket.
Paket data Indosat yang digunakan adalah kartu perdana IM3 dengan paket data bulanan 2 yang menawarkan kuota 320 MB (selanjutnya disebut Indosat) dengan tarif Rp 100.000/30 hari. Kecepatan maksimal paket itu adalalah 2 Mbps. Saat kuota 320 MB itu habis, maka koneksi internet terputus.
Sedangkan paket data XL yang digunakan adalah paket XL Internet Instan (selanjutnya disebut XL) dengan tarif yang dipilih sebesar Rp 100.000/30 hari dengan kuota 400 MB dan kecepatan maksimal 3,6 Mbps. Jika kuota habis kecepatan akan turun menjadi maksimal 64 Kbps.
Pengetesan tahap awal dilakukan di kawasan Bintaro Plaza, Tangerang,  Sabtu (12/6),  pukul 12.00. Jaringan Telkomsel menunjukkan sinyal jaringan HSDPA dengan kecepatan maksimal unduh (download) 0,37 Mbps dan unggah (upload) 0,33 Mbps.
Sedangkan XL Internet mendapatkan sinyal WCDMA dengan kecepatan maksimal unduh 0,94 Mbps dan kecepatan maksimal unggah 0,06 Mbps. Sementara Indosat mendapatkan sinyal UMTS dengan kecepatan maksimal unduh 0,35 Mbps dan kecepatan maksimal unggah 0,12 Mbps.
Saat mengunduh file musik kapasitas 8,1 MB, Telkomsel menunjukkan kecepatan awal 1,7 KB/detik hingga kemudian mencapai 45,3 KB/detik.
XL  menunjukkan kecepatan unduh 95,6 KB/detik. Adapun Indosat menunjukkan kecepatan unduh sebesar 63,1 KB/detik.
Sementara di kawasan kompleks perumahan Mahkota Simprug, Tangerang, Kamis (10/6) malam, hasil speedtest, Telkomsel menunjukkan kecepatan maksimal unduh 0,34 Mbps dan kecepatan unggah 0,34 Mbps. Sedangkan Indosat menunjukkan kecepatan maksimal unduh 0,26 Mbps dan kecepatan maksimal 0,05 Mbps. Sedangkan XL menunjukkan kecepatan maksimal unduh 0,04 Mbps dan kecepatan maksimal unggah 0,01 Mbps.
Sedangkan di kawasan Bukit Duri, Tebet, pada Jumat (11/6) pagi hasil speedtest, Telkomsel menunjukkan kecepatan maksimal unduh sebesar 0,37 Mbps dan unggah sebesar 0,33 Mbps. XL menunjukkan kecepatan maksimal unduh 0,37 Mbps dan kecepatan maksimal unggah 0,06 Mbps. Adapun Indosat menunjukkan kecepatan maksimal unduh 0,62 Mbps dan kecepatan maksimal unggah 0,06 Mbps.
Menurun
Pengetesan secara bergerak menggunakan kendaraan dengan kecepatan rata-rata 60 KM/jam di ruas Tol Bintaro, Tol Bandara, dan Tol Dalam Kota umumnya semua koneksi jaringan dalam kondisi stabil. Namun untuk kecepatan akses internet menurun. Bahkan  di beberapa titik terputus.
Misalnya, koneksi Telkomsel di kawasan Tol Kampung Rambutan koneksi internetnya kerap terputus. Kecepatan unduh terendah 4,4 KB/detik dan tertinggi 14 KB/detik. Saat berada di kawasan Tol Cawang, XL menunjukkan kecepatan unduh terendah sempat pada angka 17,4 KB/detik. Namun setelah itu di atas angka 60 KB/detik dan tertinggi 68 KB/detik. Di ruas tol dalam kota Kuningan sampai tol Bandara , kecepatan akses Indosat stabil. Saat mengunduh file mendapatkan kecepatan terendah 6,5 KB/detik dan kecepatan teringgi 15,3 KB/detik tanpa terputus.
Begitu pula saat dicoba di Tol Bandara, Telkomsel stabil dengan kecepatan unduh 0,38 Mbps dan kecepatan unggah 0,34 Mbps. XL di Tol Ancol mendapatkan kecepatan unduh 0,36 Mbps dan kecepatan unggah 0,03 Mbps. Sedangkan di Tol Dalam Kota, Indosat mendapatkan kecepatan unduh 0,32 Mbps dan kecepatan unggah 0,06 Mbps. Hasil yang hampir sama juga terjadi saat melaju di ruas Tol Cikampek mulai dari Cawang hingga Cikarang, Bekasi.
Hasil mengakses internet milik Telkomsel, XL, dan Indosat di dalam perjalanan mempunyai hasil yang cukup baik. Saat posisi diam, kecepatan stabil. Namun saat mobil melaju kecepatan akses internet langsung turun hingga setengahnya. Bahkan sempat terputus.
Akan tetapi dengan hasil uji itu untuk sekedar membuka situs jejaring sosial atau membuka serta membalas surat elektronik cukup mendukung. Namun untuk mengunggah file atau data mungkin membutuhkan waktu, karena rata-rata kecepatan unggah di bawah 10 Kb.
Dengan uji tes ini mengakses internet prabayar pun tidak harus melalui telepon seluler saja. Akses internet bisa dilakukan melalui laptop atau mini laptop (netbook). Dengan memakai laptop, meski kemampuan baterei laptop tidak bertahan selama ponsel, bisa dimanfaatkan saat di dalam kendaraan. Tentu tidak disarankan bagi pengemudi menggunakan laptop saat mengendarai mobil untuk mengakses internet.(mir/ang)

catatan : Tulisan itu adalah liputan bersama antara saya, aloysius sunu d (ang) dan rekan saya, Mirmo Saptono (mir)

4 Responses to “Mencoba Jaringan Internet Mobile Telkomsel, Indosat, dan XL”

  1. itcompare said

    sip info, http://itcompare.wordpress.com (buat yang cari materi teknisi komputer dll)

  2. Nice post. Posting ini bisa menjadi referensi kawan2 yang lagi pilah-pilih layanan internet nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: