Aangsunu's Blog

Unlimited yang Terbatas

Posted by aangsunu on 18 July 2010

MESKI layanan internet semakin mudah dan terjangkau bukan berarti bisa memakai sepuasnya. Para operator menawarkan layanan internet dengan memakai sistem kuota atau pembatasan dalam pemakaian. Semakin besar biaya yang dibayar kepada operator, semakin besar pula kuota yang diberikan kepada pelanggan.
Rata-rata kuota yang diberikan kepada pelanggan dengan membayar Rp 100.000 adalah 300 MB hingga 400 MB. Dengan adanya kuota itu operator akan memberikan kecepatan akses data rata-rata hingga 2 Mbps. Bila kuota itu sudah terpenuhi atau terlewati kecepatan akses itu akan turun hingga kecepatan maksimal hanya 64 Kbps. Atau pelanggan disarankan untuk mengisi kembali.
Dengan kuota hingga 400 MB sebenarnya sudah lebih dari cukup. Kuota sebanyak itu sudah bisa mengakses situs jejaring sosial, membaca dan membalas surat elektronik, atau sekedar untuk ngobrol alias chating. Namun bagi penggemar mengunduh file, seperti lagu atau klip video, tentu kuota itu kurang. Pasalnya, file-file lagu atau video memiliki ukuran file lebih dari 3 MB.
Namun untuk membuka situs jejaring sosial seperti facebook, yang sedang digandrungi, kuota sebanyak itu juga bisa cepat habis. Itu terjadi jika membuka situs jejaring itu dengan tampilan utuh melalui alamat http://www.facebook.com.  Akan tetapi, itu bisa disiasati dengan memilih web yang lebih kecil dengan format mobile melalui m.facebook.com.
Sebagai ilustrasi pemakaian data hingga 1 MB bisa membuka halaman facebook hingga 50 halaman melalui alamat m.facebook. Namun jika membuka facebook secara utuh untuk membuka 50 halaman membutuhkan pemakaian data lebih dari 1 MB. Dengan kapasitas yang sama bisa dipakai untuk chatting hingga 2 jam.
Akhirnya menggunakan internet bergerak ada kelebihan dan kekurangan. Bagi penggemar facebook tentu dengan membuka situs itu melalui format mobile tidak bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada di situs jejaring itu. Begitu juga dengan membuka situs milik Yahoo!. Untuk menghemat kuota bisa mengakses situs melalui format mobile, m.yahoo.com.
Tetapi dengan membuka situs itu dengan format mobile ada kekurangan saat membaca atau membuka surat elektronik. Dengan format mobile itu tidak bisa melakukan attachment file. Baik membuka atau membuat attachment. Kecuali laptop atau netbook itu digunakan memang khusus untuk membalas surat elektronik secara detail. Seperti untuk kepentingan rapat atau bertemu dengan klien.
Kelebihan dan kekurangan yang ada pada internet bergerak tentu dikembalikan kepada pengguna atau pelanggan internet tersebut. Kebutuhan apa yang banyak digunakan saat mengakses internet bergerak.(ang/mir)

catatan : Tulisan itu adalah liputan bersama antara saya, aloysius sunu d (ang) dan rekan saya, Mirmo Saptono (mir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: