Aangsunu's Blog

USB Modem, Smart Phone, dan Netbook Banyak Dicari

Posted by aangsunu on 18 July 2010

PAKET bundling dan harga diskon menjadi daya tarik setiap pameran, seperti di Festival Komputer Indonesia – Indonesia Cellular Show (FKI-ICS), yang berakhir Minggu (18/7) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Berbagai produk telepon seluler (ponsel), smart phone, USB modem, laptop, netbook, dan komputer ditawarkan dengan iming-iming harga diskon.
Dari penelusuran Warta Kota, Minggu (18/7), ada beberapa jenis produk yang diminati pengunjung. Antara lain USB modem, BlackBerry, smart phone, ponsel-ponsel di bawah Rp 1 jutaan, dan netbook. USB modem, baik yang dijual bundling oleh operator seluler dan pedagang aksesori komputer, mempunyai minat yang cukup banyak. Permintaan USB modem ini karena banyaknya tawaran mudahnya berakses internet secara bergerak oleh para operator seluler.
“Kami melihat permintaan atau kebutuhan akan akses internet bergerak di Indonesia terus meningkat. Maka kami menyoba untuk menawarkan paket modem USB kepada calon pelanggan Smart Telecom. Selama di pameran ini kami tawarkan harga modem USB menjadi Rp 99.000. Peminatnya cukup banyak. Untuk mendapatkan modem selama di pameran ini, pelanggan cukup berlanggan paket paskabayar selama 6 bulan. Biaya perbulannya Rp 140.000,” kata Division Head of Marketing Multimedia PT Smart Telecom Ruby Hermanto.
Tawaran diskon USB modem tidak hanya diberikan oleh operator seluler saja. Para pedagang aksesori komputer yang juga menjual USB modem juga menawarkan potongan harga. Meski tidak sebesar para operator, potongan harga yang ditawarkan oleh pedagang komputer dan aksesori itu juga dapat menarik konsumen. Stan yang merupakan kumpulan para pedagang dari Harco Manggadua itu menawarkan diskon hingga Rp 100.000 untuk pembelian USB modem.
“Sejak hari pertama kami beri harga khusus selama pameran. Kami beri diskon hingga Rp 100.000. Selama ini harga USB modem dijual dengan harga antara Rp 400.000 hingga Rp 800.000, selama pameran harga diskon. Namun yang paling banyak dicari harga di bawah Rp 500.000 seperti merek Huawei dan ZTE. Dalam satu hari bisa jual hingga 20 unit. Sedangkan di luar pameran rata-rata hanya dapat menjual 10 unit. Mungkin sekarang banyak tawaran operator dengan harga murah, jadi banyak yang cari USB modem,” kata Harry, penjaga stan komputer dan aksesori komputer.
Tawaran smart phone yang sedang booming, BlackBerry, dengan paket bundling juga diserbu pengunjung. Seperti yang ditawarkan oleh operator ponsel Axis. Axis yang menawarkan harga diskon untuk pembelian BlackBerry Gemini dan BlackBerry Onyx menjadi daya tarik. Axis menawarkan harga diskon untuk pembelian kedua seri BlackBerry itu hingga Rp 1 juta.
“Paket BlackBerry itu sangat diminati. Bahkan sejak hari pertama paket BlackBerry ini sudah dicari pengunjung. Cukup kewalahan juga untuk permintaan ini,” kata seorang penjaga stan Axis.
Untuk piranti laptop dan netbook juga banyak dicari. Banyak vendor laptop dan netbook yang menawarkan diskon, baik diskon harga atau pun cash back. Termasuk pembelian secara kredit juga menjadi penarik pengunjung di pameran itu. Theo, penjaga stan laptop dan netbook Acer, mengatakan, pembelian laptop atau netbook akan mendapatkan diskon dan cash back. Diskon rata-rata 10 persen dan cash back hingga 50 dolar dari harga jual.
“Tawaran ini hanya pembelian di sini saja. Netbook sampai saat ini masih jadi banyak yang dicari. Bentuk kecil dan fitur yang mirip dengan laptop menjadi daya tarik. Termasuk harga netbook yang lebih murah dibandingkan laptop juga menjadi pertimbangan,” kata Theo. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: