Aangsunu's Blog

Akses Tranportasi juga Jadi Pertimbangan

Posted by aangsunu on 19 July 2010

BAGI yang tidak mengetahui lokasi Sentra Timur Residence, cukup membingungkan lokasinya. Karena lokasi ini masuk dari wilayah Cakung Timur, Jakarta Timur. Namun, lokasi itu sebenarnya tidak jauh dari kawasan sentra primer Jakarta Timur, yang ditandai dengan bangunan kompleks perkantoran wali kota Jakarta Timur. Selain itu, lokasi itu juga berada di sisi jalan tol JORR Cakung.
Untuk menuju ke kawasan itu, jika melalui Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, menuju ke kompleks perkantoran wali kota Jakarta Timur. Banyak kendaraan umum yang menuju ke kompleks perkantoran itu. Sedangkan untuk menuju ke kawasan Cakung Timur, masih dapat dilanjutkan dengan angkutan umum lainnya. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak.
Bagi pengguna kereta api, moda transportasi ini dapat dijadikan pilihan. Meskipun jarak dari stasiun terdekat, yakni Stasiun Cakung, berjarak sekitar 1,5 km. Sedangkan untuk akses jalan tol dapat menggunakan akses tol JORR dengan arah Cakung. Pintu keluar menuju ke kawasan itu bisa mengambil pintu keluar Bintara. Dari situ menelusuri Jalan Raya Cakung Timur.
“Memang di sini angkutan umum cukup memadai untuk menyambung ke kawasan Cakung. Namun jumlahnya tidak banyak. Walaupun sebelum sempat terdengar ada rencana pemindahan terminal Pulogadung ke kawasan Pulogebang, yang tidak jauh dari Cakung. Namun kapan terminal baru itu dibangun belum tahu,” ujar Fahmi, warga yang tinggal tidak jauh dari kompleks perkantoran wali kota Jakarta Timur.
Ini berbeda dengan rencana pembangunan rumah susun Casablanca East Residence yang berada di Jalan Pahlawan Revolusi Pondokbambu. Rumah susun itu berada di tengah keramaian dengan akses mudah terjangkau. Apalagi jalan itu merupakan jalan yang sudah cukup lama ada, penghubung antara Kalimalang dengan kawasan Klender.
Dengan demikian, akses untuk mendapatkan angkutan umum juga lebih banyak dan mudah ditemui. Angkutan umum yang dari kawasan Kalimalang menuju ke Klender. Bahkan angkutan umum dari Kampungmelayu juga terlayani, meskipun harus berganti angkutan umum lagi di sekitar flyover Pondokbambu. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: