Aangsunu's Blog

Beli Emas Melalui Pegadaian

Posted by aangsunu on 19 July 2010

PERUM Pegadaian, melalui Pegadaian Syariah, kembali melayani pembelian emas lewat produk terbarunya, yakni Mulia. Pembelian emas itu dapat dicicil hingga 36 bulan dengan berat logam mulia mulai dari 5 gram hingga 1 kg. Harga emas itu disesuaikan pada harga pasar.
Irianto, Manajer Komunikasi Perum Pegadaian, Selasa (6/1), mengatakan, produk itu sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu. Produk logam mulia itu adalah bagian dari Pegadaian untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melakukan investasi pada logam mulia.
“Perum Pegadaian memfasilitasi pembelian emas itu. Masyarakat dapat membeli secara tunai atau melakukan dengan cara mencicil. Cicilan mulai dari 1 bulan, 6 bulan, hingga 36 bulan. Tentu tergantung pilihan dan berat logam mulia  yang dibeli oleh konsumen. Ini dapat dilayani di cabang-cabang Pegadaian Syariah,” ujar Irianto, di sela-sela pemaparan kinerja Perum Pegadaian di Kantor Pusat Perum Pegadaian.
Sebagai ilustrasi masyarakat yang ingin membeli emas 5 gram pada hari kemarin dijual dengan harga Rp 1.548.500. Jika ingin membelinya dengan cara mencicil, cukup membayar uang muka (DP) sebesar 25 persen. DP yang harus dibayar sebesar Rp 410.000 ditambah dengan biaya administrasi. Sisanya, dibayar dengan cara mencicil sebesar Rp 205.000/bulan selama enam bulan.
Sementara itu, Chandra Purnama, Direktur Utama Perum Pegadaian, mengatakan, di tahun 2009 laba kotor perusahaan ditargetkan naik menjadi Rp 1,2 triliun. Laba kotor yang diperoleh Perum Pegadaian sebelum audit tahun 2008 mencapai Rp 990 miliar. Target itu diyakini dapat tercapai karena target di tahun 2008 beberapa kali mengalami revisi karena dapat dicapai.
“Laba kotor 2008 awalnya ditargetkan mencapai Rp 716 miliar. Melihat kinerja yang meningkat, maka target itu direvisi menjadi Rp 981 miliar. Dan akhirnya realisasi laba kotor mencapai Rp 990 miliar. Maka target di tahun 2009 yakin dapat tembus hingga Rp 1,2 triliun. Kami sekarang targetnya triliun tidak lagi miliar lagi,” ujar Chandra.
Salah satu strategi untuk menggapai target itu Perum Pegadaian akan meningkatkan jumlah penyalurkan kredit. Sebelumnya penyaluran kredit mencapai Rp 33 miliar meningkat menjadi Rp 45 miliar. Strategi lainnya adalah perusahaan itu akan menambah jumlah cabang menjadi 3.000 cabang yang ditargetkan dapat terpenuhi di bulan April 2009.  Saat ini jumlah cabang mencapai 2.089 cabang.
Penambahan jumlah cabang itu juga dilakukan untuk Pegadaian Syariah. Jumlah cabang Pegadaian Syariah pada saat ini mencapai 127 cabang, akan ditambah menjadi 300 cabang. Bahkan omzet untuk Pegadaian Syariah di tahun 2009 ditargetkan mencapai Rp 1,5 triliun dibandingkan tahun 2008 yang mencapai  Rp 780 miliar.
Berkaitan dengan fluktuasi pasar modal, Perum Pegadaian untuk sementara menghentikan salah satu layanannya, yaitu gadai saham. Menurut Wasis Djuhar, Direktur Pengembangan Usaha Perum Pegadaian, layanan gadai saham dihentikan sementara waktu hingga 6 bulan. Perusahaan akan melihat perkembangan pasar modal hingga 6 bulan mendatang. Hingga akhir tahun 2008 nilai gadai saham mencapai Rp 544 juta lebih. (ang)

2 Responses to “Beli Emas Melalui Pegadaian”

  1. januar said

    mantap infonya matur nuwun salam kenal dulur !!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: