Aangsunu's Blog

LG Bidik Penjualan 1 Juta Unit AC

Posted by aangsunu on 19 July 2010

PRODUSEN elektronik, LG Electronics Indonesia, menargetkan pertumbuhan pangsa pasar di penjualan pendingin ruangan atau AC tumbuh hingga 30 persen. Di tahun 2009 ini ditargetkan penjualan AC dapat menembus angka hingga 1 juta unit.
“Optimis itu ditunjukkan peningkatan market share yang terus meningkat sejak tahun 2006. Di tahun 2006 pangsa pasar tembus 16 persen. Di tahun 2007 dan 2008 meningkat menjadi 22 persen dan 27 persen. Apalagi peluang AC masih terbuka karena kondisi masyarakat yang semakin membutuhkan pendingin ruangan. Termasuk pembangunan proyek mulai meninggalkan model AC sentral,” kata Budi Setiawan, Direktur Sales LG Electronics Indonesia (LGEIN) di Jakarta, Rabu (18/2).
Untuk menembus pangsa pasar sebanyak itu LGEIN membidik segmen menengah. Budi mengatakan, segmen menengah mempunyai celah pasar yang cukup besar, yakni rumah tangga dengan daya listrik yang tidak besar. Maka LGEIN mengeluarkan AC baru dengan konsumsi listrik hanyak 320 watt dengan ukuran 0.5 PK dan dijual dengan harga Rp 2,850 juta.
Budi mengatakan, pasar AC ukuran 0.5 PK peminatnya semakin besar. Dia mengungkapkan, sebelumnya pasar AC didominasi oleh AC berukuran 1 PK yang mencapai 60 persen dari total unit terjual secara nasional. Saat ini persentase itu  berkurang karena masyarakat mulai banyak mencari AC berukuran di bawah 1 PK. Saat AC berukuran 0.5 PK mulai dicari oleh konsumen.
Hal senada dikatakan oleh Albert Fleming, Head Section Residential AC LGEIN, pasar Indonesia saat ini didominasi AC ukuran 0.5 PK dan 1 PK. Selain  itu konsumsi daya listrik juga rendah. AC ukuran 0.5 PK mempunyai konsumsi listrik hanya 320 watt dan ukuran 1 PK konsumsinya 670 watt. Kedua AC itu diberi nama AC LG Hercules. Maka AC ini ditargetkan dapat terjual sebanyak 11.000 unit/bulan. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: