Aangsunu's Blog

Honda Keluarkan Bebek Matik Honda Revo

Posted by aangsunu on 20 July 2010

PEMEGANG merek sepeda motor Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor, kembali merilis varian baru, Honda Revo AT. Motor baru itu adalah motor bebek matik  yang akan membuat pangsa pasar baru sepeda motor. Sebelumnya bebek matik ini sudah dirilis di Thailand pada tahun 2009.
General Manager Marketing Planning & Analysis PT AHM Agustinus Indraputra mengatakan, peluncuran bebek matik ini untuk mengantisipasi tren permintaan motor matik di Indonesia yang terus meningkat. Saat ini pangsa pasar motor matik di Indonesia sudah mencapai 42 persen. Peningkatan tren motor matik itu juga terjadi di negara ASEAN lainnya.
“Namun pangsa pasar motor bebek tetap terbesar. Sampai saat ini pangsa pasar motor bebek masih mendominasi hingga 49 persen. Di sisi lain AHM ingin keluar pakem dari market yang ada saat ini. Selama ini pasar yang ramai ada di kelompok bebek dan skutik. Sedangkan untuk bebek matik ini belum ada, maka kami akan ciptakan dengan meluncurkan varian baru ini,” kata Indraputra.
Varian baru ini memakai basis dari Honda Revo dan mengusung mesin 110 cc. Bebek matik ini menggunakan teknologi continous variable automatic (CV-matic). Untuk pengaturan bahan menggunakan teknologi injeksi dan dilengkapi dengan catalyc converter sehingga mesin itu menjadi ramah lingkungan. Gas buang yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar Euro II.
AHM mengklaim motor baru itu dapat mengonsumi BBM irit. Konsumi BBM varian baru itu adalah satu liter dapat menempuh jarak 57,3 km. Untuk keamanan motor ini juga dilengkapi fitur side stand switch yang berfungsi mesin akan mati atau tidak hidup jika standar samping dalam posisi turun. Termasuk dilengkapi dengan tuas brake lock yang terletak di sisi kiri bawah tangan kiri. Tuas itu layaknya seperti rem tangan di mobil.
Untuk varian ini AHM hanya mengeluarkan satu model, yakni Honda Revo AT dengan pelek cast wheel (pelek racing). Warna yang ditawarkan terdiri dari techno black, techno violet, dan techno red dengan harga jual Rp 15,8 juta on the road Jakarta. Direktur Pemasaran PT AHM Julius Aslan mengatakan, bebek matik ini ditargetkan penjualannya dalam satu bulan sebanyak 3.000 unit.
Tingkatkan kapasitas
PT AHM berencana meningkatkan kapasitas produksi dari 3,5 juta unit menjadi 4 juta unit sebelum akhir tahun 2011. Executive Vice Presiden Direktur PT AHM Johannes Loman mengatakan, untuk peningkatan kapasitas produksi AHM akan membangun pabrik baru yang dapat memproduksi sepeda motor sebanyak 500.000 unit/tahun. Pabrik baru itu berada di kawasan industri MM 2100 Bekasi, Jawa Barat, dan akan beroperasi pada pertengahan tahun 2011. Investasi untuk pabrik itu sebesar Rp 760 miliar.
“Peningkatan kapasitas produksi itu untuk memenuhi pertumbuhan permintaan sepeda motor di Indonesia. Sebelumnya AHM telah meningkatkan kapasitas produksinya dari 3 juta unit pada tahun 2009 menjadi 3,3 juta unit pada akhir Mei 2010. Penambahan produksi pada saat itu melalui penambahan line baru dari pabrik yang sudah ada,” kata Johannes.
Pembangunan pabrik itu, kata Johannes, juga bagian dari rencana Honda untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar sepeda motor di Asia. Selain di Indonesia, pabrik baru juga dibangun di India dan Vietnam. Bila pabrik di Indonesia, India, dan Vietnam sudah beroperasi kapasitas produksi Honda di wilayah Asia, di luar Jepang, akan meningkat dari 16 juta unit menjadi 18 juta unit pada akhir tahun 2011. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: