Aangsunu's Blog

Mobil-mobil Konsep di IIMS 2010

Posted by aangsunu on 20 July 2010

SEBANYAK 22 merek kendaraan dipastikan hadir di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 yang dimulai pada hari Jumat (23/7). IIMS tahun ini digelar di arena Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta Pusat. Di pameran itu para pemegang merek itu akan memajang mobil-mobil konsep yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar (BBM).
Selain mobil konsep, mobil yang dijual secara massal di Indonesia juga dipajang di arena yang digelar oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) itu. Termasuk peluncuran varian baru milik ATPM juga akan dilakukan di pameran yang akan digelar hingga tanggal 1 Agustus 2010.
Ketua Penyelenggara IIMS 2010 Johnny Darmawan mengatakan, pameran ini diharapkan bisa menjadi ajang bagi para ATPM untuk menunjukkan komitmen pada pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Pertumbuhan otomotif di Indonesia itu “Pameran ini tetap menonjolkan peran teknologi otomotif yang ramah lingkungan. Maka pameran ini mengusung tema “Eco-Technology Motoring” yang ingin menunjukkan bahwa otomotif dapat membantu meminimalkan dari dampak pemanasan global. Pemanasan global terus menjadi isu yang penting,” kata Johnny.
Johnny mengatakan, secara keseluruhan pameran ini diikuti oleh 18 merek mobil dan empat merek truk. Merek yang hadir pada IIMS itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti oleh 19 merek. Merek yang hadir itu adalah Hyundai, Daihatsu, Mazda, VW, Audi, Isuzu, Proton, KIA, Suzuki, Chevrolet, Mitsubishi, Hino, Foton, Nissan Diesel, Fuso, BMW, Mercedes, Ford, Subaru, Nissan, Toyota, dan Honda.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pemegang merek Daihatsu di Indonesia, akan menampilkan mobil konsep e.S dan mobil dengan mesin fuel cell. Mobil konsep e.S adalah mobil yang mempunyai arti eco dan smart itu merupakan mobil dengan kapasitas mesin kecil, 600 cc. Mobil itu mampu menempuh perjalanan sejauh 30 km dengan konsumsi BBM sebanyak satu liter. Daihatsu juga akan memajang mobil untuk  mendukung kegiatan agribisnis, farmer car concept.
Suzuki melalui PT Suzuki Indomobil Motor akan menghadirkan mobil multi purpose vehicle dengan teknologi ramah lingkungan, Suzuki R3,  dan mobil hybrid. Mobil konsep itu sebelumnya juga sudah dipamerkan di New Delhi Auto Show. Selain mobil konsep, Suzuki juga akan memampilkan varian barunya, yakni Swift GT 3, Suzuki Splash, dan New SX4.
Mitsubishi yang diwakili oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors juga akan mempertontonkan mobil ramah lingkungan yang disebut PX-MiEV. Mobil itu merupakan mobil elektrik pertama di dunia yang berbentuk sport utility vehicle (SUV). Direktur Marketing PT PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Rizwan Alamsjah mengatakan, PX-MiEV bukanlah mobil hybrid tetapi merupakan mobil yang benar-benar digerakan oleh motor elektrik atau baterei.
“Kalau hybrid itu kombinasi antara motor listrik dengan mesin bensin. PX-MiEV ini benar-benar mobil yang bisa bergerak karena menggunakan tenaga baterei. Saat IIMS nanti kami akan jelaskan teknologi itu yang sangat ramah lingkungan,” kata Rizwan.
Sementara Audi akan menunjukkan varian barunya, Audi R8 5.2 FSI Quatro. Termasuk varian lainnya dalam model facelift atau minor change. Model-model itu adalah Audi Q7 3.0 TDI quattro, Audi A4, Audi A6, dan Audi Q5.
Johnny mengatakan, secara keseluruhan pameran ini diikuti oleh 18 merek mobil dan empat merek truk. Merek yang hadir pada IIMS itu meningkat dibandingkan tahun lalu
Transaksi
Meski acara itu merupakan pameran, tidak terlepas ada unsur penjualan selama pameran itu. Seperti dikatakan oleh Rizwan Alamsjah, unsur jualan bisa menjadi dampak dari pameran itu. Namun Mitsubishi tidak mematok target penjualan selama di pameran itu.
“Tidak menutup kemungkinan jualan akan tetap terjadi selama pameran, tetapi yang diutamakan adalah image atau citra. Kami akan tampilkan 10 kendaraan penumpang dan empat truk. Kami akan menghadirkan RVR atau Outlander Sport tapi sebatas display saja. Kalau ada respon positif tentu saja kami akan cepat-cepat melakukan peluncuran di Indonesia,” kata Rizwan.
Ketua Umum Gaikindo Sudirman Maman Rusadi sebelumnya juga mengatakan, pameran itu tidak menutup terjadinya transaksi. Transaksi dalam pameran nanti diprakirakan akan mencapai Rp 2 triliun. Angka itu bila dihitung dalam unit kendaraan bisa mencapai 7.000 kendaraan.
Apalagi, kata Rizwan, Gaikindo pada tahun ini juga merivisi penjualannya dari 550.000 unit menjadi 650.000 unit. Sementara target Mitsubishi awalnya hanya menargetkan sekitar 42.000 unit. Ternyata sampai dengan bulan Juli penjualan sudah mencapai 50.000 unit. (ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: